Sabtu, 31 Oktober 2009

Software alternatif

Microsoft Office 2007 Home & Student: US$ 149.95
Adobe Photoshop CS4: US$ 699
Kaspersky 2010: US$ 21.89
....

Pusing melihat begitu banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli software? Setelah mengeluarkan cukup banyak dana untuk membeli hardware komputer, seringkali kita akan menggerutu jika masih harus merogoh kocek lagi untuk membeli software. Apalagi memang harga beberapa software sangat mahal, dan jika kita asal tunjuk atau memilih software cukup banyak, bisa-bisa harga software menjadi lebih mahal daripada harga hardwarenya.



Karena tidak tahu alternatif lain, banyak orang lalu lebih memilih untuk menggunakan software bajakan. Sebetulnya masih banyak alternatif yang legal dari commercial software asal kita tahu kemana harus mencari.
Datang saja ke AlternativeTo dimana kita dapat mencari alternatif dari sebuah software, baik untuk Windows, Mac, Linux, Mobile Device, bahkan online software/cloud computing.
Setiap software akan memiliki daftar alternatif lengkap dengan review, nilai dan pendapat dari pengunjung, sampai ke lisensinya (Commercial, Open Source atau Free).

Dari ketiga lisensi diatas, open-source merupakan alternatif yang paling disukai karena gratis dan mutunya cukup baik. Open Office dan GIMP merupakan contoh software open-source yang cukup populer.
Lisensi Free merupakan program yang diberikan gratis oleh pembuatnya. Biasanya ini adalah cara promosi agar Anda tertarik membeli versi komersialnya yang lebih lengkap.
Sementara Commercial, tentu saja berarti Anda harus membayar untuk dapat memperoleh software ini.

AlternativeTo mendapatkan data dari para pengunjungnya yang saling berbagi pengalaman dalam menggunakan suatu software. Dalam website ini tampak jelas software mana yang disukai dan mana yang tidak. Yang menarik adalah software gratis tidak selalu berarti populer. Sebuah software komersil bisa saja disukai karena sangat berguna sehingga orang rela membayar.

Dan karena isinya sangat lengkap, setelah melihat-lihat kesana-kemari dalam AlternativeTo, bisa jadi Anda akan menemukan software yang sangat diperlukan namun tidak pernah Anda ketahui keberadaanya sebelum ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar