Sabtu, 10 Oktober 2009

Good Site, Bad Site

Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah website aman dikunjungi?
Seorang klien bertanya seperti itu setelah membaca artikel saya tentang Good Computing Practice yang pertama.
Memang gampang-gampang susah menentukan keamanan sebuah website. Semua website akan mengaku dirinya bersih dan bebas virus, seperti halnya semua kecap adalah nomor satu.

Ada banyak cara untuk membantu menentukan tingkat keamanan sebuah website (sebelum mengunjunginya), misalnya add-on Firefox yang bernama WOT (Web Of Trust) yang saya gunakan. WOT menentukan peringkat keamanan sebuah website dari review para penggunanya. Pada setiap link yang tampil disebuah halaman, WOT akan menambahkan sebuah cincin yang warnanya mengindikasikan tingkat keamanan/kepercayaan link tersebut. Hijau berarti link tersebut aman-aman saja, kuning berarti hati-hati, sedangkan merah berarti website tersebut mendapat banyak penilaian buruk dari para pengguna WOT lain. WOT merinci penilaian atas Trustworthyness, Vendor Reliability, Privacy dan Child Safety.

Selain itu ada sebuah tool yang cukup berguna dari "oom gugel". Masukkan link ini di browser Anda: http://google.com/safebrowsing/diagnostic?site=example.com dan gantilah "example.com" dengan alamat website yang ingin Anda cek (misalnya anda ingin mengecek blog ini, maka masukkan http://google.com/safebrowsing/diagnostic?site=maxdarmawan.blogspot.com).
Untuk menjaga agar search engine miliknya selalu menampilkan hasil terbaru, Google secara periodik melakukan scanning pada setiap website di internet. Dari scanning itu terkadang ia juga menemukan malware (virus, worm, spyware, phising, dsb) pada beberapa website. Dengan link diatas, kita dapat menampilkan ringkasan hasil scan Google pada suatu website dalam 90 hari terakhir. Dari ringkasan itu akan tampak jelas kapan Google mengunjungi website itu, apakah ditemukan malware, berapa banyak, apa saja jenisnya, dan sebagainya.

Beberapa anti-virus juga sangat membantu memperingatkan Anda jika memasuki website yang mengandung malware. AVG Free bahkan akan men-scan semua link pada halaman hasil pencarian Google lalu menampilkan hasilnya dengan sebuah indikator berupa bintang berwarna hijau, kuning atau merah disamping link ybs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar