Sabtu, 14 Februari 2009

Windows Malicious Software Removal Tool

Salah satu cara agar sistem komputer tetap bersih dari virus adalah dengan rajin meng-update Operating System komputer. Jika Anda memakai Windows, Microsoft menyediakan update tiap hari Selasa kedua setiap bulannya, atau terkadang juga ada yang diluar hari itu apabila ada update yang mendesak.
Selain patch atau penutup celah keamanan, salah satu dari update itu adalah Windows Malicious Software Removal Tool (MSRT), yang hampir selalu muncul setiap bulannya.
Apa itu MSRT?

MSRT adalah program pencari virus, worm, dan malware lainnya dari Microsoft. Meski cara kerjanya mirip dengan anti-virus, Microsoft mengingatkan bahwa MSRT bukan pengganti anti-virus, dan Anda tetap disarankan menggunakan program anti-virus yang handal.
Bagaimana MSRT bekerja?
Setelah Anda mendownload dan menginstall update MSRT bersama update lainnya, Windows akan meminta restart. Setelah restart dan sewaktu mulai masuk ke Windows, MSRT akan bekerja dan menganalisa sistem Anda, apakah ada program "jahat" (malicious software) atau tidak. Jika ada, MSRT akan berusaha memperbaikinya.
MSRT hanya bekerja satu kali setelah download. Ia baru bekerja lagi bulan depan setelah menerima update dari server Microsoft, yang berisi data malicious software terbaru.
Semua kerja MSRT terjadi dibelakang layar. Anda tidak akan menyadari kehadirannya dalam sistem Anda, apalagi jika Anda memilih Automatic Update.
Ada cara untuk "memaksa" MSRT bekerja. Klik pada Start >> Run... >> ketik "mrt" dan tekan Enter. Ini berlaku untuk Windows XP dan Vista, namun tidak untuk Windows 7 Beta.
Sebuah window akan muncul dan selanjutnya Anda dapat memilih Quick Scan, Full Scan atau Customized Scan. Quick Scan akan dengan cepat memeriksa sistem hanya di tempat-tempat yang paling mungkin terinfeksi, sementara Full Scan akan memeriksa seluruh sistem dengan lebih seksama sehingga akan memakan banyak waktu, dan Customized Scan memungkinkan Anda memilih tempat yang hendak diperiksa.
MSRT reporting home...
Perlu diketahui bahwa setelah bekerja, MSRT akan melaporkan malicious software apa yang ditemuinya ke Microsoft. Jangan kuatir, data diri Anda tidak turut dilaporkan. Dengan laporan MSRT dari begitu banyak komputer diseluruh dunia, Microsoft dapat memperoleh gambaran malicious software apa yang banyak menulari komputer Windows. Worm DownAdUp dilaporkan menulari lebih dari 9.000.000 (sembilan juta) komputer diseluruh dunia, padahal celah yang dipakai worm itu sudah ditutup oleh update rutin Windows edisi November 2008.

Jika Anda punya waktu luang, tak ada salahnya menjalankan MSRT Full Scan, just in case...

1 komentar:

  1. Tapi setelah muncul di windows 8 saya, game2 yang ada tidak bisa dimainkan, bagaimana tuh??

    BalasHapus