Senin, 09 Maret 2009

MSRT vs AV2009

Suatu hari, seorang teman menelepon dengan nada kesal:
"Max, setelah mengikuti anjuranmu dan mengupdate MSRT, program antivirusku malah hilang. Sepertinya justru MSRT konflik dengan program antivirus. Sekarang malah komputerku gak ada antivirusnya!"
"Masa? Anda pakai antivirus apa?"
"AV 2009. Kalau mau download lagi alamat websitenya apa ya?"

Hwarakadah!! (ini niru Panji Koming) Untuk beberapa saat saya sampai tidak bisa menjawab pertanyaan seorang teman diatas.
AV 2009 (atau sekarang juga memakai nama AV 360, 360 Protection, dll) BUKAN anti virus, justru ia adalah VIRUS.
Biasanya setelah browsing website yang terinfeksi di internet, akan muncul popup windows yang menyatakan komputer Anda dicurigai terinfeksi virus. Lalu setelah pura-pura melakukan "scanning" akan muncul hasil scan bahwa komputer itu memang "terinfeksi" virus, lalu menganjurkan untuk mendownload "antivirus" gratis yang tak lain adalah AV 2009. Setelah file .exe yang disebut sebagai "installer" didownload dan dijalankan, maka virus tersebut akan bercokol di komputer itu. Ini cara penularan virus yang disebut social engineering alias tipu-tipu.

Jadi adalah baik dan benar jika MSRT atau antivirus (yang asli) lainnya justru menyingkirkan AV 2009, karena memang tugas mereka adalah membasmi malware semacam itu.
Program antivirus (asli) yang gratis dan cukup handal antara lain AVG (http://free.avg.com), Avira(http://www.avira.com) dan avast! (http://www.avast.com). Jika Anda memiliki budget untuk ini, Anda dapat memilih yang berbayar seperti Kaspersky, Norton 360, BitDefender, dll. Dengan membayar, Anda akan memperoleh produk yang lebih lengkap dan dukungan dari perusahaan pembuatnya.

Baik gratis maupun bayar, jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus Anda secara rutin, minimal seminggu sekali. Update adalah cara bagi pembuat program antivirus untuk memberitahukan pada program yang terinstall di komputer Anda tentang virus-virus baru yang muncul dan cara penanggulangannya. Jika tidak pernah di-update, antivirus di komputer Anda tidak akan dapat mengenali virus-virus baru, padahal setiap hari muncul virus baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar