Sabtu, 25 Oktober 2008

Software version & distribution

Apa itu Beta Version? Apa bedanya dengan Trial Version? Begitu pertanyaan seorang teman lama kepada saya.
Istilah dalam dunia software komputer yang dulu hampir eksklusif hanya dimengerti para pekerja IT kini juga perlu diketahui oleh orang awam, termasuk istilah versi release sebuah software. Ini juga sekaligus sebagai pengantar artikel selanjutnya tentang Open Source.



Beta Version
Dalam tahap pengembangannya, setelah sebuah software selesai dibuat, maka perlu dicoba atau dites agar dapat diperbaiki jika ada kekurangannya. Tahap awal tes adalah dengan menggunakan tenaga internal perusahaan pengembang tersebut, bisa jadi programmer dari proyek lain atau memang orang yang khusus digaji untuk mencoba software. Tahap ini disebut tahap Alpha, dan software pada tahap ini disebut Alpha version.
Selanjutnya software tersebut diberikan kepada orang-orang diluar perusahaan untuk dites. Tahap ini disebut tahap Beta, dan software tahap ini disebut Beta version. Bisa saja tugas ini dibebankan kepada konsultan atau perusahaan khusus untuk itu. Tapi biasanya (karena lebih murah) software diberikan kepada beberapa sukarelawan atau bahkan dipublikasikan kepada umum agar dapat di-download semua orang dan mereka dipersilakan mengetes software habis-habisan.
Setelah segala kekurangan yang diketahui selesai diperbaiki, barulah software tersebut di-release kepada pemakai.
Jika Anda mendapatkan software yang berversi Beta, berarti tahap pengembangan software tersebut baru sampai tahap Beta testing, belum full release. Ini juga ditandai dengan nomor versi dibawah 1 (satu) (misal versi 0.9.00)

Shareware
Software versi ini diperbolehkan untuk diperbanyak / dicopy oleh siapa saja. Tetapi istilah ini terkadang sedikit rancu karena ada yang hanya membolehkan software dicopy saja secara bebas. Jika hendak memakai, harus bayar. Tetapi ada juga yang mengartikan shareware sebagai bebas diperbanyak dan dipakai siapa saja, seperti halnya freeware.

Freeware
Jika Anda mendapatkan software yang memenuhi kebutuhan Anda namun berversi Freeware, berbahagialah Anda. Karena sang pembuat program merelakan hasil karyanya untuk Anda pakai secara gratis, tanpa perlu membayar sepeserpun. Meski kadang ada juga versi "Donation-ware" yang masih freeware, tetapi menganjurkan (bukan mengharuskan) Anda untuk menyumbang programmernya jika Anda menyukai software tersebut.

Trial version
Software trial version berarti Anda dapat menggunakan software tersebut secara gratis dengan batasan tertentu. Biasanya setelah jangka waktu tertentu software tersebut tidak dapat digunakan lagi, dan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus membayar.
Trial version dipakai oleh software komersial yang memang dijual, tetapi Anda diperbolehkan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membayar. Jika suka, silakan beli, jika tidak silakan un-install.

Free & Commercial edition
Selain dengan trial version, sebuah perusahaan software dapat saja membuat dua versi software yang sama. Satunya direlease secara gratis, yang disebut Free edition atau Freeware, satunya lagi berbayar dan disebut Commercial edition (kadang disebut juga Business edition). Biasanya keduanya mempunyai feature yang berbeda. Contoh yang paling populer adalah AVG Anti-Virus.

Full version
Ini adalah versi software selengkapnya. Bisa berbayar, bisa gratis tergantung pembuatnya. Tetapi versi ini memuat semua feature dan kelengkapan program tanpa ada yang dikurangi. Biasanya Commercial/Business edition merupakan Full version, sementara Free edition tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar