Sabtu, 24 Maret 2012

Cross platform chat

"Ding!", ada pesan chat baru melalui Yahoo! Messenger. Baru sebentar terdengar lagi "Ding!" tapi kali ini Google Talk. Ini belum chat dengan teman dari Facebook yang belum selesai. Lalu "Kriiiing!" ada telepon masuk dari Skype. Padahal lima menit lagi Anda harus berangkat.

Chat kini sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan bisnis, bercanda dengan teman, atau bertukar kabar dengan keluarga. Namun banyaknya platform atau account chat seringkali membuat kita akhirnya memiliki banyak account seperti YM, Google Talk, MSN messenger, Facebook, dan masih banyak lagi. Tentu merepotkan jika kita harus membuka program-program chat itu satu-persatu bukan? Alangkah menyenangkan jika semua chat bisa dikonsolidasikan dalam satu program saja?

Jika Anda seperti saya sering merasa malas membuka YM, Skype, login ke FB, login ke Google, dst hanya untuk memulai hari kerja, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan chat client yang cross-platform. Maksudnya adalah program chat yang dapat menggunakan account YM, GoogleTalk, Facebook dll sekaligus, dan dapat dijalankan di berbagai alat seperti komputer Windows, Apple, iPhone/iPad, hp Android, BlackBerry, dsb.
Jadi bukan saja Anda dapat menggabungkan semua teman dari YM, FB, MSN messenger, dll., tapi juga tetap dapat chatting meski jauh dari komputer.

Berikut beberapa contoh cross-platform chat client yang populer

Untuk penggemar open-source, ini adalah chat client open-source paling terkenal, dan mampu mengakses account AIM, Bonjour, Facebook chat, Gadu-Gadu, Google Talk, ICQ, IRC, MSN messenger, MySpaceIM, Yahoo! Messenger, dll serta dapat berjalan dalam Windows, OSX, dan Linux, BSD, AmigaOS, dll (belum ada client untuk ponsel).
Selain itu tersedia berbagai plug-in yang menambah kemampuan Pidgin.

Pada awalnya program open-source Kopete dikembangkan untuk platform KDE pada Linux, sehingga untuk OS lainnya (Windows, Apple OSX) kita harus menginsta KDE environment terlebih dahulu. Program ini dapat mengakses AIM, Bonjour, Gadu-Gadu, Google Talk, ICQ, MSN messenger, Yahoo! Messenger, dll.
Berbagai plugin juga tersedia untuk meningkatkan kemampuan Kopete.

Dengan Trillian Anda tidak hanya dapat chatting, namun juga membaca dan meng-update status social network seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Foursquare, serta membaca email menggunakan POP3 dan IMAP. Ini masih ditambah fasilitas Voip untuk account yang menyediakan (YM, Skype, dll).
Trillian dapat menggunakan account AIM, ICQ, Windows Live Messenger, Yahoo! Messenger, IRC, Bonjour, dan Skype.
Selain untuk Windows, Apple OS X, Apple iOS (iPhone & iPad), BlackBerry dan Android, Trillian juga menyediakan interface berupa web chat, sehingga apapun sistemnya, asal dapat mengakses internet, Anda tetap dapat menggunakan Trillian.
Dengan fasilitas berjibun ini, Trillian justru sedikit ruwet dan tidak cocok dengan orang yang tidak mau pusing-pusing memasukkan semua account chat, social network dan emailnya sekali lagi. Namun jika Anda tidak berkeberatan "menyingsingkan lengan baju" selama beberapa menit, Trillian akan sangat mempermudah komunikasi Anda.

Sedikit berbeda dengan chat client lain, Meebo messenger justru tidak menyediakan program chat untuk komputer, dan hanya menyediakan web chat dan client untuk Apple iOS dan ponsel Android.
Meebo messenger dapat menggunakan Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, AIM, ICQ, MySpaceIM, Facebook Chat, Google Talk, dan CafeMom.

Bagi pengguna ponsel touchscreen, Nimbuzz merupakan chat client dengan interface yang cukup enak dipakai. Selain untuk ponsel Apple iOS, Android, BlackBerry dan ponsel Java, Nimbuzz juga menyediakan program chat client untuk Windows dan Apple OSX serta web chat. Pengguna Linux harus menggunakan Wine.
Yang istimewa, sesama pengguna Nimbuzz dapat saling menelepon menggunakan Voip dengan gratis, bahkan menghubungi nomor telepon biasa dengan membeli Nimbuzz credit.

Meski tidak menyediakan web chat, Palringo menyediakan chat client untuk Windows, Apple OSX, Linux (via Wine), ponsel Windows Mobile, Apple iOS, BlackBerry, Android, Symbian, bahkan ponsel Java.
Selain dapat mengakses AIM, Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, Facebook chat, Google Talk, Gadu-Gadu, ICQ, MobileMe/iChat, Palringo juga dilengkapi dengan fasilitas Push-to-talk, yang mirip dengan chat, namun menggunakan suara.

Whatsapp adalah program chat khusus untuk ponsel yang mulai populer. Ia dapat berjalan pada ponsel Android, Apple iOS, BlackBerry dan Nokia Symbian dan terintegrasi ke phonebook ponsel. Namun ia memiliki chat platform sendiri dan tidak dapat mengakses account chat lainnya.
Anda dapat menggunakan whatsapp secara gratis selama setahun (kecuali untuk iOS) lalu harus membayar US$ 1.99 per tahun.

Semua chat client diatas gratis atau memiliki versi gratis yang dibiayai dengan iklan (kecuali Whatsapp yang hanya bisa gratis selama setahun).

Saya sendiri sedang bingung memilih antara Nimbuzz, Trillian atau Palringo.
Nimbuzz cukup enak dipakai pada layar ponsel touchscreen, sementara di Palringo saya dapat mengatur agar misalnya online di YM saja dan tidak di Facebook. Di lain pihak, Trillian tidak banyak iklan.
Baik Nimbuzz dan Palringo memiliki versi Java, sehingga dapat berjalan pada ponsel lama saya, sementara Trillian sangat lengkap, namun tidak memiliki versi untuk Linux maupun Java.

Dapatkah Anda membantu saya memutuskan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar