Sabtu, 21 April 2012

Remote Assistance

"Nak, ini komputer mama/tante/oom kok error ya? Kamu bisa betulin?"
Jika dianggap "mengerti" komputer, mungkin Anda pernah (bahkan sering) mendapat permintaan bantuan seperti itu dari keluarga atau teman. Tak masalah jika yang meminta bantuan bertempat tinggal dekat-dekat saja atau masih mudah dikunjungi. Namun apa yang Anda lakukan jika peminta bantuan bertempat tinggal diluar kota? Diluar negeri?
Asal komputer tersebut masih bisa terkoneksi ke internet, Anda masih bisa membantu, tanpa peduli lokasi geografis Anda dan si peminta tolong. Selamat datang di era Remote Assistance.


Apa itu Remote Assistance?
Remote Assistance adalah program atau tools yang menghubungkan antara dua komputer melalui internet, sehingga salah satu komputer dapat mengatur komputer yang lain. Kadang disebut juga remote desktop.

Bagaimana bekerjanya?
Kita sebut saja kedua komputer yang terhubung sebagai komputer penolong dan komputer yang ditolong.
Setelah terkoneksi, pengguna komputer penolong dapat melihat tampilan layar komputer yang ditolong dilayar komputernya sendiri.
Lalu jika dia menggerakkan mouse atau memencet keyboard pada komputer penolong, perintah tsb akan dikirim ke komputer yang ditolong sehingga komputer tsb dapat bereaksi seolah-olah mousenya sedang digerakkan.
Singkat kata, kita dapat mengoperasikan komputer yang ditolong dari jauh menggunakan komputer penolong.

Apa yang diperlukan agar dapat melakukan Remote Assistance?
Syarat utama, baik komputer penolong maupun peminta tolong harus terkoneksi ke internet dengan kecepatan cukup (tak perlu sangat cepat, meski itu bisa bermanfaat karena beberapa tools memungkinkan video chat).

Sisi gelap Remote Assistance
Dibalik gemerlap indahnya Remote Assistance, ada sisi gelap yang harus diketahui. 
Program Remote Assistance yang kurang aman akan dapat di-hack sehingga memungkinkan si hacker mengakses komputer Anda.
Bagi peminta tolong, jika Anda menerima koneksi Remote Assistance dari orang yang tidak bertanggung jawab, maka ia memiliki kendali penuh atas komputer Anda. Mulai dari menginstall malware, mengambil data, hingga membaca dokumen pribadi Anda.
Aturan utama dari peminta tolong dalam Remote Assistance adalah: Jangan menerima koneksi yang tidak Anda minta sendiri.


Saat ini tersedia banyak tools untuk Remote Assistance, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Berikut beberapa contohnya.

Windows Remote Assistance
Tanpa banyak diketahui pengguna, ternyata Microsoft Windows sudah menyediakan Remote Assistance sejak Windows XP, dan tersedia juga di Windows Vista dan Windows 7. Kedua komputer harus terinstall Windows.
Namun WRA terkadang membawa masalah jika Anda berada dibelakang firewall, router, atau proxy. WRA terkadang juga mengalami "bentrok" dengan program antivirus.

Seperti banyak software komersil atau berbayar lain, TeamViewer juga menyediakan versi gratis.
TeamViewer (versi gratis) dapat menghubungkan komputer PC(Windows), Apple(Mac), Linux, bahkan ponsel Android. TeamViewer juga memiliki fasilitas Meeting dimana sampai dengan 15 peserta dapat mengikuti "virtual meeting" dari rumah atau kantor masing-masing.
Kelemahan utama TeamViewer adalah versi program yang terlalu jauh berbeda tidak dapat saling berkomunikasi dan dikedua komputer harus sudah terinstall program ini, jadi jika si peminta tolong agak gaptek, ini bisa menjadi masalah besar. 
Jadi jika Anda berencana menggunakan program ini, jangan lupa menginstall versi terbaru dikomputer Tante Gaptek saat sedang berkunjung kerumahnya. :)


LogMeIn
LogMeIn juga tersedia dalam versi berbayar (LogMeIn Pro) dan versi gratis (LogMeIn Free). Yang berbeda adalah LogMeIn menggunakan web browser untuk mengakses komputer yang ditolong. LogMeIn Free dapat menghubungkan komputer PC (Windows) dan Apple (Mac) bahkan iPad, sehingga Anda dapat mengakses komputer PC teman Anda dari iPad. Jika sudah disetting, Anda bahkan dapat menyalakan komputer itu dari jauh.
LogMeIn Free juga dapat digunakan untuk memonitor "kesehatan" sebuah komputer, misalnya CPU load, penggunaan memori, perubahan hardware/software, dll.
Dan jika Anda bersedia membayar mulai USD 69.95 per bulan, Anda mendapatkan berbagai tambahan fasilitas seperti mengakses banyak komputer sekaligus dengan kualitas tampilan HD, file transfer, file sharing, remote print, dll.


Citrix Online (pembuat GoToMyPC dan GoToMeeting) menyediakan tools Remote Assistance yang sangat mudah digunakan, dan juga dapat menghubungkan komputer PC (Windows) dan Apple (Mac) bahkan iPad. Dan yang paling menarik adalah pada komputer yang ditolong sangat mudah untuk menginstall program GoToManage, hanya dengan mengunjungi sebuah website, klik dan masukkan security code. Selesai.
GoToManage juga dapat digunakan untuk mengakses komputer tanpa harus ada orang diseberang sana (unattended support) sehingga cocok untuk menjaga server tanpa harus ditunggui.
Sayangnya GoToManage tidaklah gratis, Anda harus membayar mulai USD 69 per bulan untuk dapat menggunakannya, meski ada free trial 30 hari.

Antivirus? Apa hubungannya dengan Remote Assistance? Ternyata sejak versi 7 (Maret 2012), bersama beberapa fasilitas baru lainnya, Avast! menyediakan tool Remote Assistance pada antivirusnya yang gratis.
Dan tool ini juga cukup mudah digunakan. Tinggal buka program Avast!, klik Additional Protection >> Remote Assistance. Untuk peminta tolong silakan klik "Allow Remote Control" dan berikan kode yang muncul pada si penolong Penolong lalu mengklik "Control Remote Computer" dan memasukkan kode dari peminta tolong, dan kedua komputer sudah terhubung.
Syaratnya tentu dalam kedua komputer harus sudah terinstall Avast! antivirus versi 7 keatas.
Jadi jika Anda sudah menggunakan Avast!, silakan upgrade ke versi 7. Siapa tahu suatu saat berguna.

1 komentar:

  1. menarik gan,artikelnya...?
    http://gie-com.blogspot.com

    BalasHapus