Sabtu, 05 September 2009

Opera Mini

Dalam dunia komputer, Opera Mini bukanlah pertunjukan opera kecil-kecilan. Opera Mini adalah program browser dari Opera Software ASA yang dirancang khusus untuk mobile devices seperti ponsel atau PDA. Opera Mini berjalan diatas Java ME, sehingga mobile device tersebut harus sudah mendukung Java ME.
Opera Software sudah me-release berbagai browser seperti Opera, Opera Mobile, dll. Opera Mini sendiri di-release Januari 2006 dan saat ini sudah mencapai versi 4.2 serta telah dipakai di puluhan juta device diseluruh dunia.



Berbeda dengan browser mobile device lain yang lebih banyak menampilkan mobile-version dari website yang Anda kunjungi (atau tersendat-sendat saat menampilkan full-version website), Opera Mini tanpa kesulitan berarti akan menampilkan full-version website. Bahkan jika Anda pernah membandingkan Opera Mini dengan browser lain, Anda akan merasakan Opera Mini lebih cepat dan tak terlalu banyak memakan bandwith. Kecepatan Opera Mini bahkan terkadang tidak kalah jauh dengan komputer biasa.
Bagaimana mungkin browser yang notabene berjalan diatas device dengan prosesor kecil dan memori seadanya bisa begitu cepat?

Rahasia kecepatan dan penghematan bandwith itu disebabkan karena Opera Mini tidak langsung berhubungan dengan internet, melainkan menggunakan proxy server khusus.
Jadi dari ponsel Anda, Opera Mini melalui jaringan gprs/3g akan mencari proxy server Opera yang terdekat, lalu menyampaikan website yang Anda minta ke proxy server itu. Proxy server akan meneruskan permintaan itu melalui internet biasa, dan ketika proxy server menerima jawaban dari website tujuan, ia tidak langsung meneruskan jawaban itu ke ponsel Anda. Proxy server Opera Mini terlebih dahulu mengubah tampilan website tersebut. Seluruh isi website akan diperkecil dan diubah dalam standar OBML (Opera Binary Markup Language) bukan lagi html seperti biasa, sementara semua gambar akan dikurangi resolusi dan besarnya. Setelah selesai baru hasil kompresi itu yang dikirim melalui gprs/3g ke ponsel untuk ditampilkan dilayar.
Dengan demikian proses transfer ke ponsel menjadi dua-tiga kali lebih cepat dibanding jika isi website tidak diperkecil terlebih dahulu. Keuntungan lain tentunya lebih menghemat pulsa, apalagi jika pulsa Anda dihitung per KB, karena data yang ditransfer menjadi lebih kecil. Satu halaman hanya berkisar belasan hingga puluhan KB saja, padahal halaman aslinya mungkin mencapai ratusan KB.
Saat ini ada sekitar 100 proxy server yang menangani semua lalu-lintas data Opera Mini diseluruh dunia, dan terus bertambah.
Opera Mini mendukung Small Screen Rendering (halaman website diubah menjadi hanya satu kolom yang panjang, sehingga Anda tidak perlu menggeser kiri-kanan-atas-bawah saat membacanya, dan hanya menggeser naik-turun saja), content folding (me"lipat" daftar menjadi satu dan dapat ditampilkan lengkap dengan mengklik tanda +), Landscape mode (tampilan diputar 90 derajat), RSS, skin, menyimpan halaman, synchronize Speed Dial & dengan Opera Mini lain atau Opera 9.5, dan berbagai fitur menarik lain.
Saat ini, beberapa jenis ponsel Nokia dan Sony Erricson terbaru bahkan sudah dapat menampilkan video dari Youtube dengan Opera mini, dan Opera menjanjikan akan menambah jenis ponsel dengan kemampuan ini dalam waktu dekat.

Tetapi meskipun Opera Mini begitu canggih, saya tidak menganjurkannya untuk komunikasi yang bersifat rahasia seperti internet banking. Penggunaan proxy server akan membuat semua transaksi Anda diketahui oleh pemilik proxy server, termasuk username dan password. Saya pribadi percaya Opera tidak akan sembarangan menyalahgunakan kepercayaan yang telah diperolehnya dengan susah payah, namun tidak ada salahnya berhati-hati. Opera Software sendiri dengan tegas menyatakan bahwa memang servernya akan menerima semua lalu-lintas data yang seharusnya dilindungi enkripsi seperti ssl dalam bentuk aslinya (tidak dienkripsi), meskipun hanya menyimpannya untuk sementara saja dan akan segera membuang data itu setelah koneksi selesai. Ini dikarenakan server tersebut harus bisa memperkecil tampilan website seperti dijelaskan diatas. Opera Software sendiri juga menganjurkan jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, gunakan saja browser lain seperti Opera Mobile yang fungsinya sama seperti browser biasa dan tidak melalui proxy server. Tentu saja dengan demikian Anda akan kehilangan keunggulan Opera Mini.

Namun untuk browsing biasa, sekali mencoba, saya sendiri sudah hampir tidak pernah lagi menggunakan browser asli ponsel saya, dan selalu menggunakan Opera Mini.

Lalu, kemana mendapatkan Opera Mini? Datang saja ke http://www.opera.com/mini/ lalu download ke ponsel Anda. Gratissssshh!!!

UPDATED: Kini fasilitas proxy tersebut juga diimplementasikan dalam Opera 10.0 sebagai Opera Turbo. Ini akan sangat berguna bagi pengguna dengan koneksi internet yang lambat atau mahal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar