Sabtu, 29 Agustus 2009

FoxyProxy

Ini adalah bagian terakhir dari 3 artikel: Proxy Server, Tor Network dan FoxyProxy

Now the fun part...

Setelah mengetahui apa itu proxy dan Tor, bagi Anda pengguna browser Mozilla Firefox yang ingin memanfaatkan proxy dan Tor, sudah tersedia add-on yang memudahkannya, yang disebut FoxyProxy.
Sebelum ini memang sudah ada tool untuk memudahkan penggunaan proxy, seperti SwitchProxy, ProxyButton, QuickProxy, xyzproxy, ProxyTex, TorButton, dsb. Namun FoxyProxy memiliki keunggulan tersendiri.



Anda dapat men-download FoxyProxy disini lalu menambahkannya di Firefox Anda.
Dengan FoxyProxy Anda dapat mengatur website mana menggunakan proxy mana, dan website mana yang langsung tanpa proxy. Anda bahkan dapat mengkonfigurasi jaringan Tor dengan mudah karena sudah ada wizard yang menuntun Anda langkah demi langkah.
Dan saat koneksi Anda dialihkan melalui proxy, akan ada icon yang muncul sehingga Anda tahu sedang sedang menggunakan proxy. Juga ada log yang lengkap sehingga Anda dapat mengetahui "sejarah" koneksi Anda lengkap dengan proxy yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa FoxyProxy gratis untuk di-download dan digunakan, meski pembuatnya juga mendorong Anda untuk turut menyumbang sedikit dana untuk pengembangan selanjutnya. Selain itu juga ada jasa proxy yang berbayar yang menawarkan berbagai kelebihan lain. Dan FoxyProxy akan seringkali mengingatkan Anda akan kedua hal itu... :(

11 komentar:

  1. Saya baru belajar mengenai proxy yang ingin saya tanyakan kenapa koneksi komputer jadi lambat atau bahkan tidak mau sama sekali ( bahkan lebih baik tidak menggunakan proxy )apa ada yang salah ? saya mohon penjelasannya ????

    BalasHapus
  2. Jika Anda menggunakan proxy, maka traffic internet Anda akan melalui proxy tsb sebelum dikirimkan ke server tujuan. Jadi rute koneksi biasa adalah komputer Anda -> ISP (speedy, indosat, dll) -> server tujuan. Jika Anda menggunakan proxy akan menjadi komputer Anda -> ISP -> proxy -> server tujuan.
    Jika proxy yang Anda gunakan sedang mengalami gangguan atau kelebihan beban (apalagi proxy gratisan, banyak yang antre!), maka tentu saja koneksi internet Anda ikut lemot...

    MD.

    BalasHapus
  3. Trus gimana setingan supaya bisa dipakai gratis interntet, aku dah coba yang pakai yf n proxomitron tapi tetep motong pulsa. Mohon penjelasan.

    BalasHapus
  4. Hare gene cari internet gratis? Kelaut aje!!!
    Proxy bukan buat kayak gituan mas...


    Jojon.

    BalasHapus
  5. Mas Darmawan...saat ini saya mengaktifkan proxy, tapi saya pake Smart masih menggunakan masa gratis 100 hari. ada ga pengaruhnya ke server smart masalah biayanya!

    BalasHapus
  6. Penggunaan proxy tidak akan mengubah biaya koneksi internet Anda.
    Yang mungkin terjadi adalah koneksi menjadi lambat sehingga membuka website menjadi lebih lama dibanding biasanya, padahal koneksi Anda dihitung per menit.

    Kalau tidak salah, masa gratis Smart kan unlimited kan? Anda online 24 jam sehari selama 100 hari itu juga tetep gratis...

    BalasHapus
  7. maf mas...saya dah install foxyproxy standardnya,trus saya sudah setting,.tapi tetep ngak bisa...apakah harus ada penambahan ip address untuk proxynya???? trz klo kita ingin dapatkan ip Address gmn ya caranya?????

    BalasHapus
  8. Mohon jelaskan setting Anda, dan saya kurang mengerti maksud Anda dengan penambahan ip address untuk proxy. Apakah maksud Anda ip address dari proxy?

    BalasHapus
  9. minta tolong list proxy nya yg aktip donk, koq susah ya nge dapatin proxylist addressnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya oom Gugel lebih tau soal ginian deh, daripada saya... :)

      Hapus
  10. setahu saya foxyproxy memang bukan buat gratisan. akan tetapi kalau kita memiliki kartu yg terdaftar bulanan di ISP (paket unlimited). itu sangat berguna untuk menambah kecepatan. misalkan smartfren,atau xl,telkomsel,indosat.
    Dengan paket unlimited yg kita punya,kalau dipakai buat download/upload dan membuka streaming seperti youtube,yang ada kebanyakan buffering. speed nya kisaran 20 kb/s - 40 kb/s..
    Akan tetapi setelah kita menginstall foxy proxy baik itu install di firefox atau google chrome akan sangat berbeda dengan tambahan inject buat kartu yg kita pakai(inject banyak tersedia digoogle).
    Kecepatan internet bisa 10x lipat dari servis yg kita terima dari ISP yg kita pakai. (kisaran 200 kb/s 400 kb/s) .dan streaming seperti youtube dengan kualitas HD pun tidak buffering
    saya juga kurang mengerti. tetapi itu fakta yg saya dapatkan.

    BalasHapus