Sabtu, 08 Agustus 2009

Vanish

"This message will self-destruct in five seconds...."
(lagu Mission: Impossible)

Mungkin Anda masih ingat kata-kata diatas selalu mengakhiri pesan rahasia dari badan intelijen di film Mission Impossible untuk agen-agennya, lalu dalam beberapa detik perangkat pembawa pesan itu berasap atau meledak sementara si agen mulai bersiap-siap menjalankan misinya.

Sebentar lagi mungkin Anda sendiri juga bisa menambahkan kata-kata seperti itu pada pesan rahasia Anda.
University of Washington telah mengembangkan program yang disebut Vanish, yang dapat membuat sebuah informasi rahasia hanya dapat dibuka atau dibaca dalam jangka waktu tertentu saja. Setelah jangka waktu itu terlewati, informasi itu menjadi tidak dapat dibuka lagi.

Cara kerja Vanish:
Banyak orang mengira setelah menekan tombol "Delete", data yang dihapus akan hilang selamanya. Sayangnya tidak demikian komputer dan internet bekerja. Seringkali server akan menyimpan data yang sudah Anda hapus sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya.
Sedangkan meng-enkripsi data, menurut pembuat Vanish, masih kurang terjamin karena beberapa tahun kedepan data tersebut masih dapat dibuka dengan password yang tepat.

Untuk setiap data yang dikirimkan, Vanish akan membuat kunci rahasia yang tidak pernah diperlihatkan pada siapapun, dan meng-enkripsi data tersebut dengan kunci rahasia itu.
Kunci rahasia itu kemudian dipotong-potong menjadi banyak bagian dan disebar dalam jaringan P2P (peer to peer network, lihat artikel sebelum ini). Karena komputer dalam jaringan P2P selalu berganti, ada yang baru bergabung atau ada yang offline, maka sedikit demi sedikit potongan kunci rahasia itu menjadi hilang karena tidak ada lagi komputer dalam jaringan yang memilikinya. Jika sudah cukup banyak potongan kunci yang hilang, maka pesan rahasia itu tidak dapat lagi dibuka. Selamanya.
Jangka waktu data masih dapat dibuka adalah sekitar delapan jam atau kelipatannya.

Untuk dapat memanfaatkan Vanish, Anda dan rekan penerima pesan rahasia harus menginstall Vanish system (dan Java ver. 5 keatas jika belum ada), Vanish add-on untuk Mozilla Firefox lalu menunggu sekitar 5-10 menit untuk Vanish bootstrap.
Vanish telah diujicoba pada Fedora Core 7, Ubuntu Jaunty (9.04), Mac OS X 10.4+, Windows XP, dan Windows 7 dengan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar