Sabtu, 01 Agustus 2009

Software for kids

Seorang teman pernah bertanya,"Software apa yang cocok untuk pendidikan anak saya?"
Karena saya sendiri belum punya anak, maka saya harus mencari jawabnya kesana kemari sebelum dapat menjawab. Disini saya ingin membagi jawaban saya itu.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesatnya sekarang ini, tak ada salahnya menyiapkan generasi penerus sejak dini atau setidaknya memperkenalkannya karena dimasa depan rasanya tidak ada bidang pekerjaan yang tidak menggunakan komputer dan/atau internet (atau apapun bentuk perkembangannya nanti).

Ada banyak program dan permainan pendidikan yang ditujukan untuk anak-anak, namun banyak yang mahal atau tidak bermutu. Berikut ini saya mencoba memberi beberapa contoh yang gratis namun cukup bagus.

Jika anak Anda berminat dibidang grafis, tunjukkan program TuxPaint padanya. Program menggambar khusus anak-anak ini semula hanya tersedia di Linux, namun kini juga ada versi Windowsnya. Program ini sangat menyenangkan bagi anak usia 3 hingga 12 tahun, karena dilengkapi tools dan efek suara yang menarik. Karena Open-Source, TuxPaint gratis Anda download, install dan gunakan sesukanya.

Untuk anak yang menunjukkan bakat pemrograman, silakan coba Basic256, bahasa pemrograman yang sederhana dan menarik, yang juga dilengkapi dengan jendela output grafis yang dijamin akan membuat anak-anak terpaku berjam-jam didepan komputer. Bahasa Basic sendiri sudah sejak awal perkembangan komputer digunakan sebagai pengenalan pemrograman komputer karena mudah dimengerti dan dipelajari. Seperti TuxPaint, Basic256 juga Open-Source.

Universitas Carnegie-Mellon bekerja sama dengan Electronic Arts, Sun Microsystems, DARPA, Intel, Microsoft, NSF, dan ONR membuat aplikasi Alice, yang berupa game animasi 3 dimensi serupa The Sims untuk anak-anak. (Bagi penggemar games, tentu sudah tak asing lagi dengan game dari Electronic Arts seperti Harry Potter, RockBand, The Sims, C&C Red Alert, dsb)
Dalam game ini pemakai tak hanya dapat mengatur tiap tokoh/karakter, menentukan jalan cerita yang akan dijalani para tokohnya, tapi juga merekamnya dalam bentuk video untuk kemudian di-share ke orang lain. Berbeda dengan game lain, Alice dirancang untuk mengenalkan pemrograman komputer, dimana saat membuat jalan cerita itu, si anak secara tidak sadar sudah belajar cara memprogram komputer. Alice gratis untuk Anda download dan gunakan.

Dan bagi remaja yang ingin mempelajari teknologi internet dan keamanannya dengan lebih mendalam, silakan berkunjung ke Hacker HighSchool. Meski namanya bisa membuat kuping beberapa orang menjadi gatal, arti kata Hacker sebetulnya adalah orang yang mencari cara untuk menggunakan sesuatu diluar yang dibayangkan perancang benda tersebut. Jadi jika Anda pernah menggunakan pisau dapur untuk membuka sekrup atau mengipasi pembakaran sate dengan kipas angin, Anda sudah termasuk hacker. Bukankah ilmu pengetahuan itu netral, dan hanya berbahaya ditangan orang yang tak memperdulikan etika dan moral? Ilmu kimia dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk super, atau membuat bom.
Di Hacker HighSchool, "murid" diajari tentang dasar-dasar internet, malware, digital forensic, bahkan tentang legalitas dan etika. Singkatnya HHS bertujuan meningkatkan pengetahuan dan "awareness" akan keamanan internet, sesuatu yang kian lama kian dibutuhkan semua orang.

Jadi bagi Anda yang memiliki anak, keponakan, murid atau tetangga yang menunjukkan bakat dan minat dibidang komputer, silakan kunjungi link-link diatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar