Sabtu, 16 Oktober 2010

Fasilitas baru Facebook

Akhir-akhir ini Facebook banyak menambahkan fasilitas baru dalam layanannya. Tambahan itu antara lain: one-time password (password sekali pakai), remote-logout, dan integrasi dengan layanan telepon voip Sykpe

One-Time-Password:
One-Time-Password atau OTP adalah password yang hanya berlaku sekali pakai, dan langsung kadaluarsa. Ini sangat berguna saat Anda hendak login dari komputer yang juga dipakai banyak orang seperti di warnet atau komputer kantor. Dengan demikian meski password ini sampai diketahui orang lain, tak akan ada gunanya bagi mereka karena sudah tidak dapat dipakai lagi.
Fasilitas ini mensyaratkan Anda telah mendaftarkan ponsel Anda ke Facebook. Lalu saat hendak mengakses Facebook dari komputer umum, ketik saja "OTP" dan kirim ke  32665 (FBOOK). Anda akan mendapat sms balasan berupa password yang hanya berlaku satu kali pakai dan akan kadaluarsa dalam 20 menit.
Sayangnya saat ini fasilitas OTP baru berlaku di Amrik, namun secara bertahap akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu.
----------
Updated 16 Nov 2010:
Saat ini one-time-password Facebook sudah dapat digunakan di Indonesia.


Remote-logout:
Jika Anda telah login dari berbagai komputer tanpa logout, dalam jangka waktu tertentu siapa saja dapat mengakses profil Facebook Anda dan dapat saja bertindak sebagai Anda di dalam Facebook. Padahal mungkin saja Anda sudah lupa komputer mana saja yang telah Anda gunakan.
Kini Anda dapat me-logout account Anda dari komputer yang saat ini Anda gunakan. Klik pada Account >> Account Setting >> Account Security.
Disana akan terpampang jelas komputer mana saja yang telah Anda pakai, lengkap dengan pilihan "remove". Selain itu juga ada daftar aktivitas login terakhir lengkap dengan jam dan tanggal, nama komputer, perkiraan lokasi (tergantung ISP Anda, bisa saja meleset) dan browser yang Anda gunakan. Jika ada aktivitas yang mencurigakan karena tidak mirip dengan aktivitas Anda, ada pilihan "deactivate".

Skype-Facebook integration:
Skype 5 kini telah menambahkan group-video chat (masih beta version) hingga 10 orang (tentu saja komputer dan koneksi internet Anda harus mendukung), dan fasilitas untuk mengupdate status Facebook maupun menelepon Facebook Friend melalui Skype dengan mudah.
Saat ini Skype 5 baru tersedia untuk OS Windows, OS lain masih harus sabar menunggu.

Selain itu sebetulnya Facebook juga memberikan fasilitas untuk mendownload semua data profil, status update, komentar dll dalam bentuk file .xml, namun sepertinya belum berlaku untuk Indonesia, karena hingga artikel ini ditulis, saya tidak dapat menemukannya dalam account setting saya (seharusnya berada di  Account >> Account Settings >> Download Your Information).
----------
Updated 16 Nov 2010:
Fasilitas "download your information" kini sudah tersedia, tinggal di-klik lalu tunggu sebentar sementara Facebook mengumpulkan semua status update, foto, message dan semua data Anda. Setelah selesai, Anda akan menerima email pemberitahuan, lalu biasanya Anda diminta mengkonfirmasi kebenaran kepemilikan data dengan meminta Anda mengenali foto-foto teman Anda. Setelah itu Anda dapat men-download sebuah file .zip yang berisi file .html yang dapat Anda buka dengan browser (double-click saja pada index.html).

Sumber:
Facebook blog: Giving You More Control (Mark Zuckerberg)
Facebook blog: More Ways to Stay Secure (Jake Brill)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar