Sabtu, 23 Oktober 2010

Windows XP SP2 kadaluarsa?

"Kok komputer saya tidak pernah update lagi ya?", begitu pertanyaan dari seorang klien saya. Yang dimaksud klien tsb adalah Windows XP Automatic Update pada komputernya beberapa bulan terakhir ini tidak pernah lagi mendownload dan menginstall update apapun lagi, padahal sebelumnya secara rutin tiap bulan selalu ada setumpuk update.
Bagi saya ini sedikit aneh, karena komputer Windows XP saya tetap mendownload update seperti biasa.
Setelah diperhatikan, ternyata sistem pada komputer klien saya adalah Windows XP 32 bit Service Pack 2.
Microsoft sejak 13 Juli 2010 memang telah menghentikan support pada Windows XP 32 bit SP2, termasuk Automatic update. Namun Windows XP SP3 masih disupport, paling tidak sampai saat blog ini ditulis. Dengan demikian security update yang biasa disediakan oleh Windows setiap hari Selasa kedua setiap bulan tidak dapat lagi didownload.
Untuk lengkapnya silakan lihat di Microsoft.com, disini Microsoft menganjurkan untuk upgrade ke Window 7 (anehnya bukan ke Vista SP1/SP2) atau mendownload Service Pack 3.
Sebetulnya SP3 juga termasuk sebagai salah satu update yang secara otomatis didownload dan diinstall oleh Windows, namun mungkin ukurannya yang lumayan "gajah" dapat menyebabkan sedikit masalah jika koneksi internet Anda lambat atau mahal. Dan juga ada masalah dengan prosesor AMD, dimana instalasi SP3 justru membuat sistem crash alias BSOD (Blue Screen Of Death). Untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat menginstall Service Pack, silakan kaji petunjuk dari Microsoft ini.
Klien saya akhirnya mendownload dan install SP3 meskipun koneksi internetnya termasuk lambat, karena untuk upgrade ke Windows 7 tidak memungkinkan karena hardware komputernya sangat tidak memadai. Ia menganggap tidak ekonomis untuk meng-upgrade seluruh sistem hanya karena tidak dapat update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar