Sabtu, 25 September 2010

Facebook friend? Not now, please!

Tanpa banyak pengumuman, Facebook sudah mengubah cara kita "menolak" permintaan pertemanan.
Sebelum ini jika seseorang mengajak kita berteman dalam Facebook, kita akan diberi dua pilihan: "Confirm"atau "Ignore". Jika kita mengklik Ignore, maka permintaan itu akan diabaikan dan kita tidak pernah lagi berurusan dengan permintaan itu. Sementara orang yang mengirim permintaan itu tak pernah tahu bahwa kita "menolak berteman" dengannya.

Sejak pertengahan September ini, diam-diam Facebook mengubah pilihan itu, dengan Confirm dan Not Now.


Pilihan Not Now akan membuat permintaan pertemanan itu "ditunda" dan masuk pada kategori "Hidden Request". Kategori ini tersembunyi dalam menu Friend >> Find Friends (saya sendiri kesulitan mencarinya).

Disana Anda dapat mengkaji ulang permintaan pertemanan itu, apakah diterima atau dihilangkan selamanya.

Namun yang membuat saya merasa aneh adalah: meski kita mengklik "Not Now", status update kita (yang bersifat public) akan sudah ditampilkan pada halaman Home/Beranda pengirim permintaan tadi (Status update yang hanya ditujukan pada Friend tidak akan turut disebarluaskan). Beberapa orang mengatakan ini mirip dengan fasilitas "follow" pada Twitter.
Jika kita tidak ingin status update public kita terlihat oleh orang-orang yang kita "tolak", kita harus mengklik "Do'nt know xxxxx?" setelah mengklik "Not Now", atau menghapusnya dari daftar "Hidden Request" yang benar-benar hidden karena susah dicari.
Dengan begitu Facebook sedikit mempersulit kita untuk benar-benar menolak permintaan pertemanan dari orang yang tidak kita kenal.

Rupanya Facebook menganggap kita harus banyak-banyak berteman... :)

Referensi: TechCrunch, Inside Facebook

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar