Sabtu, 18 Juli 2009

LeechBlock

"Kamu punya account di FaceBook?"
Jika mendengar pertanyaan itu, saya biasanya hanya tersenyum dan berusaha mencari-cari alasan. Sejak lama saya berusaha menghindar dari berbagai website jejaring sosial, dari Friendster, MySpace, LinkedIn, Multiply, Plurk, dan kini FaceBook (dan Twitter). Bukan karena saya tidak mengerti manfaatnya, saya tahu bahwa website-website semacam itu sangat berguna. Yang saya kuatirkan adalah sekali saya "terjerumus" kedalamnya, saya akan menghabiskan sangat banyak waktu disana. Karena saya hanya punya 24 jam dalam sehari, jika saya ingin ber-FaceBook ria sampai berjam-jam, maka saya harus mengurangi jatah waktu hal lain, yang mungkin saja lebih penting dari sekedar bertukar foto dengan teman lama.

Namun setelah bertahan tanpa FaceBook sekian lama, akhirnya saya menyerah juga dan membuat account disana.
Yang berhasil menggiring saya adalah teman-teman lama yang hadir di reuni SMA akhir bulan lalu. Hampir semua orang memiliki account FaceBook, bahkan termasuk mereka yang tergolong "gagap teknologi". Hanya dua-tiga orang termasuk saya yang tidak punya.
Begitu account saya dikonfirmasi, puluhan teman langsung seperti berbarengan berteriak, "Add me! Write on my wall! Poke me! Send me a message!". Seharian saya hanya mengurusi account FaceBook saya, tanpa sempat melakukan kerja yang "berguna" sedikitpun. Di hari kedua, saya telah memiliki lebih dari 50 teman, bergabung dengan lima group , membaca dan mengomentari puluhan (atau ratusan?) message dan writing on the wall.

Dan seperti telah saya duga sebelumnya, seminggu setelah itu jadwal kerja saya menjadi kacau karena saya terlalu lama ber-fesbuk ria.
Setelah mencari kesana-kemari, akhirnya saya menemukan sebuah program yang dapat membantu mengerem "kecanduan" saya akan FaceBook. Seorang programmer bernama James N. Anderson membuat add-on (tambahan) untuk browser Mozilla Firefox bernama LeechBlock. Konsep dari LeechBlock adalah memblokir website-website yang menghabiskan terlalu banyak waktu Anda. Berbeda dengan Hosts file yang memblokir sebuah website tanpa pengecualian, add-on ini dapat memblok beberapa website yang Anda tentukan untuk jangka waktu yang dapat diatur. Anda dapat memblok sebuah website sepanjang hari, hanya pada jam-jam tertentu pada hari tertentu, atau sesudah dibuka sekian menit, atau kombinasi dari semua itu. Yang menarik adalah Leechblok hanya menghitung waktu website itu mendapat fokus, bukan waktu koneksi, sehingga benar-benar hanya menghitung waktu Anda menampilkan website itu. Waktu dimana website itu tertutup tab-tab lain tidak dihitung, dan sisa waktu akan ditampilkan dipojok kanan bawah.
Anda juga dapat memberikan pengecualian untuk halaman tertentu dalam website (misalnya halaman Help atau FAQ) agar tidak turut diblok. Add-on ini juga menyediakan password jika Anda tidak ingin orang lain (misalnya anak Anda) bisa mengubah settingnya.

LeechBlock sendiri belumlah sempurna, saat ini ia masih versi 0.4.3 alias masih beta version. Dan ia juga hanya berfungsi pada Firefox. Jika Anda membuka website dengan browser lain (Opera, Google Chrome, Safari, dsb), apalagi dengan komputer lain, PDA atau ponsel, ia tidak akan dapat mencegahnya.
Namun untuk sementara LeechBlock cukup dapat mencegah saya menghabiskan terlalu banyak waktu di FaceBook, karena saya mengatur agar hanya dapat membuka FaceBook selama 15 menit setiap hari kerja, dan sejam diakhir pekan.
Jadi bagi Anda yang mengunjungi http://facebook.com/maxdarmawan lalu meninggalkan pesan bagi saya dan seolah-olah tidak saya tanggapi, mohon bersabar karena saya hanya punya jatah waktu sangat sedikit disana.

Seandainya saja ada software seperti LeechBlock untuk ponsel saya.... :-(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar