Sabtu, 27 September 2008

Subpixel Rendering

Secara singkat, subpixel rendering adalah metode untuk menampilkan font secara lebih halus untuk layar LCD.
Dalam keadaan normal, sebuah huruf yang ditampilkan pada layar komputer akan terbentuk oleh titik-titik kecil yang biasa disebut pixel. Pada bagian huruf yang miring atau melengkung (misal huruf 'O'), biasanya titik-titik itu akan menjadi sedikit kasar atau bergerigi, dan karenanya huruf itu menjadi kurang halus.

Untuk mengatasinya, dikembangkan metode subpixel rendering yang memanfaatkan fakta bahwa mata manusia lebih peka dengan perubahan intensitas ketimbang perubahan warna. Perlu diketahui bahwa setiap titik pixel pada layar monitor terbagi atas 3 bagian, merah hijau dan biru (red green blue atau biasa disingkat RGB).
Dengan metode ini bagian yang kasar diperhalus dengan menyalakan hanya salah satu atau dua warna saja pada pixel yang berdekatan (lihat gambar).

Microsoft memiliki metode serupa yang diberi nama ClearType. Pada Windows XP Anda harus menyalakan fasilitas ini di Control Panel >> Display >> Appearance lalu beri tanda centang pada "Use the following method to smooth edges of screen fonts" dan pilih ClearType. Untuk Windows Vista fasilitas ini sudah on secara default.
Jika komputer Anda menggunakan Windows XP, silakan nyalakan fasilitas ini dan nikmati bentuk huruf yang lebih halus dan natural.
Namun Windows XP hanya memiliki kemampuan ClearType horisontal, kecuali Windows XP Tablet PC Edition yang sudah memiliki ClearType horisontal dan vertikal. Artinya jika Anda menyalakan ClearType pada Windows XP Home / Professional di laptop dengan layar yang bisa diputar menjadi tablet PC, huruf yang tampil bisa jadi justru tidak enak dilihat.

Perlu diketahui juga bahwa metode subpixel rendering hanya berfungsi pada layar LCD, sementara layar CRT justru akan menampilkan huruf yang 'mblobor' kemana-mana. Ini disebabkan metode ini memerlukan hardware dengan posisi pixel yang tetap atau fixed. Bahkan layar LCD dengan resolusi yang bukan bawaannya (native resolution) tidak dapat memanfaatkan metode ini.

(gambar diambil dari Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar