Sabtu, 12 Maret 2011

QR Code

Barangkali Anda pernah melihat gambar kotak penuh bercak-bercak hitam seperti gambar ini. Apa arti gambar itu?

Gambar seperti disamping ini adalah apa yang disebut QR code. Ia merupakan sejenis barcode (kode garis yang biasa di-scan kasir supermarket saat Anda hendak membayar belanjaan) yang dikembangkan dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Dibuat oleh Denso-Wave, anak perusahaan Toyota, semula QR code hanya digunakan dalam proses manufaktur mobil, dan dirancang agar dapat diterjemahkan dengan cepat oleh mesin, atau Quick Response, disingkat QR. 

QR code dapat berisi data teks, nomor telepon, sms, data vCard (alamat seseorang), atau URL (alamat sebuah website). Dengan menggunakan ponsel yang dilengkapi software QR, Anda dapat memotret QR code lalu mengetahui apa isinya. Jika isinya alamat sebuah website, Anda dapat langsung mengaksesnya tanpa perlu mengetik alamat tersebut ke browser.

Singkatnya QR code memungkinkan kita untuk tidak ber"susah payah" mengetikkan data/alamat yang panjang, cukup potret saja simbolnya lalu ponsel atau komputer kita sudah mengerti akan isinya.

Hampir semua OS smartphone seperti Android, iOS, dan Symbian sudah mendukung QR code, tanpa perlu menambah program apapun. Namun jika belum ada, Anda dapat menambahkan program QR code reader pada ponsel pintar Anda.
Sementara untuk PC, Anda harus menginstall QR code reader / generator untuk dapat membaca / membuatnya. Atau banyak juga website yang bersedia membuatkan QR code untuk Anda, sepertu Kaywa.

Meski QR code merupakan merk dagang dari Denso-Wave, kita dapat bebas menggunakannya asal memperhatikan sedikit aturan main, yaitu jika ada kata "QR code" kita harus menyebutkan bahwa "QR Code is registered trademark of DENSO WAVE Inc."
QR Code sendiri sangat populer di negara asia seperti Jepang dan Korea Selatan, sementara di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, QR code mendapat saingan dari standar-standar barcode 2 dimensi lain seperti Data Matrix dll.
 
Sumber:
Wikipedia: QR code
 Denso-Wave: QR Code

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar