Sabtu, 19 Februari 2011

Facebook SSL

Kabar gembira bagi Anda para Facebooker yang kuatir berfacebook-ria di hotspot dengan adanya Firesheep. Kini Facebook menyediakan fasilitas koneksi SSL, meskipun tidak diaktifkan secara default. Untuk mengaktifkan fasilitas ini, silakan ke Account >> Account Setting >> Setting >> Account Security >> klik "change" lalu beri tanda centang pada "Browse Facebook on a secure connection (https) whenever possible" dan klik Save.
Setelah itu semua koneksi Facebook Anda akan menggunakan koneksi SSL


Apa itu SSL? Apa gunanya?
SSL (secure socket layer) adalah tipe koneksi internet yang aman, biasa digunakan oleh website seperti bank untuk mengamankan transaksi yang dilakukan nasabahnya melalui internet. Dengan SSL, koneksi antara komputer Anda hingga ke server (bank atau Facebook) tidak dapat dibaca apalagi dibajak orang lain, bahkan ISP Andapun hanya akan dapat melihat data acak dari komputer Anda melalui jaringannya ke server tujuan.

Untuk memastikan Anda sudah menggunakan SSL, perhatikan awalan alamat website yang sedang Anda buka. SSL selalu diawali dengan https:// (ada tambahan huruf s) dan bukan hanya http:// 
Selain itu akan ada perubahan warna pada alamat website (tergantung browser Anda)  dan ada simbol gembok terkunci. Jika Anda bawa pointer mouse ke gambar gembok, akan ditampilkan siapa penyedia sertifikat dari website yang sedang Anda buka (DigiCert untuk Facebook).

Updated:
Dengan menggunakan koneksi SSL, Facebook Anda akan kebal terhadap Firesheep dan para penyusup lainnya. Namun ternyata ada beberapa aplikasi seperti game yang menjadi bermasalah. Mungkin itu penyebab Facebook tidak mengaktifkan fasilitas ini secara default.

Updated 30 November 2012:
Mulai November 2012, Facebook secara default menggunakan koneksi SSL (https://...) sehingga kini semua orang secara otomatis menggunakannya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar