Sabtu, 30 April 2011

Processor Clockspeed vs pipeline

Seorang teman terheran-heran karena komputer Pentium 4 dirumahnya yang dibeli beberapa tahun lalu berkecepatan 3.2GHz, namun laptop i5 yang saat ini dijual ditoko-toko "hanya" berkecepatan 3.1GHz. 
Dahulu memang ada prosesor Intel Pentium 4 3.2GHz, dan belum lama ini Intel mengeluarkan prosesor i5 3.1GHz. Apakah prosesor i5 masih kalah cepat dengan Pentium 4 lama?
Bagai belum cukup dibingungkan oleh berbagai istilah dan satuan dalam komputer, ternyata kini untuk membandingkan satu prosesor dengan yang lainnya Anda sudah tidak dapat lagi hanya menggunakan clockspeed sebagai acuan performa prosesor komputer.
Untuk bisa mengatakan prosesor mana yang lebih cepat, Anda harus turut mempertimbangkan pipeline dan beberapa faktor lainnya.
 
Apa itu pipeline? Bayangkanlah pipeline sebagai serangkaian pipa yang harus dilewati oleh instruksi program. 
Secara sederhana, Pipeline adalah tingkat atau urutan dimana sebuah instruksi akan dijalankan oleh si prosesor. Untuk prosesor Pentium sebelum Pentium 4, ada 5 Pipeline yaitu Prefetch/Fetch, Decode1, Decode2, Execute, dan Write-back. Setiap instruksi harus masuk di Prefetch/Fetch dan keluar di Write-back.
Instruksi-instruksi dari program yang sudah berurutan kemudian satu-persatu memasuki pipeline prosesor untuk diproses. Setiap tingkat pipeline memerlukan satu clock cycle untuk menyelesaikan satu instruksi dan meneruskan hasilnya ke pipeline berikutnya.

Prosesor generasi berikutnya membagi pipeline menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi, Pentium 4 memiliki 21 pipeline (Prescott bahkan mempunyai 31 pipeline!). Karena tingkatan pipeline menjadi lebih kecil, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu instruksi menjadi lebih singkat, sehingga clockspeed prosesor meningkat. Namun ini tidak berarti performa prosesor juga meningkat sesuai penambahan clockspeed, karena tingkatan yang harus dilalui instruksi dari program menjadi lebih banyak.

Jadi mana yang lebih cepat, Pentium 4 3.2GHz atau i5 3.1GHz? Karena pipeline i5 lebih pendek ketimbang Pentium 4, maka prosesor i5 3.1GHz jauh lebih cepat ketimbang Pentium 4 3.2GHz.

Cara untuk mengetahui prosesor mana yang lebih cepat dengan membandingkan clockspeed hanya berlaku dalam satu jenis prosesor saja, karena jika jenisnya berbeda, belum tentu prosesor dengan clockspeed lebih tinggi akan lebih cepat ketimbang satunya.
Untuk dua prosesor dengan clockspeed yang sama, pipeline yang lebih pendek lebih menguntungkan.
Untuk dua prosesor dengan tingkat pipeline yang sama, clockspeed yang lebih tinggi akan memberi kecepatan lebih.
Jika clockspeed dan pipeline berbeda, bertanyalah lebih mendetail pada si penjual. :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar