Sabtu, 12 Juni 2010

Google Calendar SMS Alert

Jika Anda sama pelupanya seperti saya, pasti Anda juga sangat memerlukan pengingat pada sesuatu yang selalu Anda bawa-bawa. Fasilitas kalender pada ponsel merupakan sebuah pengingat yang ideal karena ponsel biasanya akan selalu kita bawa bepergian. Namun apa daya jika ponsel Anda belum memiliki fasilitas kalender atau fitur yang ada kurang "user-friendly" alias susah dipakai?

Dengan memanfaatkan fitur baru dari Google Calendar, kita dapat mengatur agar ponsel kita menerima sms untuk mengingatkan pada sebuah appointment tertentu.



Apa itu Google Calendar?
Google Calendar (atau GCal) adalah fasilitas gratis dari oom Gugel untuk mencatat agenda Anda di internet. Dengan demikian, selama Anda mempunyai koneksi internet dan tidak lupa password Anda, agenda tersebut tidak pernah ketinggalan.

Bagaimana cara memanfaatkan fitur SMS alert dari GCal?
Pertama-tama, kita harus telah memiliki Google account, atau alamat email dari Gmail. Silakan masuklah ke Google Calendar lalu daftarkan diri Anda dengan mengklik Create New Account.
Klik pada Setting dikanan atas >> Mobile Setup. Daftarkan nomor ponsel Anda. Google akan mengirim sms berisi kode pada nomor ponsel yang Anda masukkan. Masukkan kode dalam sms itu pada kotak isian selanjutnya. Pada saat artikel ini ditulis, operator di Indonesia yang mendukung fasilitas ini adalah 3, AXIS, Indosat, Telkomsel, dan XL.
Buatlah "event" pada tanggal dan jam yang Anda inginkan, dan tambahkan "reminder" dengan SMS, dan klik "Save". Event dapat dibuat berulang tiap jangka waktu tertentu (repeats).
Pada waktu yang telah Anda tentukan tersebut, ponsel Anda akan menerima SMS notifikasi dari Google. GRATISSS...!

Karena ini merupakan fitur dari Google Calendar, tentu saja semua fasilitas GCal lainnya juga dapat Anda nikmati, seperti share (berbagi) daftar kegiatan dengan teman-teman, Quick Add (menambah appointment hanya dengan menulis kalimat dengan bahasa Inggris, mis: Meet Boss 9am tomorrow), sinkronisasi dengan MS Outlook, Mozilla Sunbird/Thunderbird atau smartphone, integrasi dengan Gmail, dll

Sampai saat ini saya masih menunggu fitur Google Calendar yang baru berlaku di Amrik: mengecek Calendar dan menambah appointment hanya denga menggunakan SMS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar