Sabtu, 03 Juli 2010

StrokeIt

Cooltool kali ini sangat berguna bagi para pemalas seperti saya, yang terlalu malas untuk sekedar menggerakkan pointer mouse sampai ke icon lalu menekan tombol untuk mengklik icon tsb.

StrokeIt merupakan salah satu program mouse gesture untuk Windows, dimana Anda hanya perlu menggerakkan mouse dalam pola tertentu sambil menekan tombol kanan untuk memberi perintah pada komputer. Misalnya untuk memberi perintah "Back" (mundur satu halaman) pada Mozilla Firefox Anda tinggal menekan tombol kanan mouse dimana saja, tahan, lalu geser mouse kekiri, lalu lepaskan tombolnya.



Selain gesture/gerakan standar, Anda juga dapat membuat gesture Anda sendiri untuk perintah-perintah yang Anda tentukan sendiri. Untuk menyimpan dokumen, lalu cetak ke printer dan tutup Open-Office Writer, kini saya tinggal menggambar segiempat dengan mouse dimana saja dilayar komputer.
Atau setiap hendak mematikan komputer saya tinggal membuat segitiga dengan mouse, dan otomatis komputer akan mensave pekerjaan, menutup semua windows, mengosongkan recycle bin, membackup ke external drive, lalu mematikan komputer setelah backup selesai.

Memang untuk pengguna yang baru pertama kali memakai, mouse gesture terasa aneh, janggal, dan susah dipakai karena harus belajar menggambar gesture yang dimengerti program, yang kadang berbeda dengan persepsi sehari-hari. Namun setelah terbiasa, Anda akan dibuat semakin malas menggerakkan mouse terlalu jauh. :-)
Saat menggunakan komputer orang lain, saya juga sering tanpa sadar membuat mouse gesture, sebelum ingat bahwa dalam komputer itu belum ada StrokeIt.

StrokeIt hanya berukuran 140 kB (hanya perlu beberapa detik untuk download dengan broadband), dan saat bekerja hanya menggunakan memori antara 90 kB sampai 300 kB.
StrokeIt dibuat oleh Jeff Doozan yang me-release-nya sebagai Open Source pada Juli 2009, dan gratis digunakan untuk penggunaan personal atau non-profit. Untuk penggunaan dalam perusahaan, pemerintahan atau pendidikan, Anda diminta membayar USD 10, dengan bonus berbagai fitur tambahan.

Referensi: Tested.com, Automate Your Daily Tasks With Easy Mouse Gestures.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar