Sabtu, 15 Mei 2010

Cara tahu account Facebook kita dibobol orang

Saat ini bukan rahasia lagi bahwa ada banyak program untuk membobol password Facebook. Silakan bertanya pada oom gugel dengan keyword "facebook password hack software", dan Anda akan diberi daftar sejumlah pihak yang menawarkan program seperti itu (Berhati-hatilah, karena sebagian besar website itu termasuk kategori "untrusted"). Salah seorang saudara saya juga pernah menjadi "korban" hack, meski pelakunya teman sekantornya sendiri dan hanya untuk bercanda saja. Namun bayangkan akibatnya jika yang melakukan adalah pesaing atau musuh (atau mantan) Anda? Bisa jadi ia akan mengganti password agar Anda sendiri tidak dapat mengakses account tsb, lalu membuat Anda menjadi "tidak populer" diantara teman-teman Anda, atau menyebarkan fitnah tak bertanggung jawab yang pasti akan merepotkan Anda.



Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk menghilangkan kemungkinan itu 100% tentu saja tidak mungkin, apalagi kita banyak bergantung pada Facebook untuk mengatasinya. Namun kita dapat sedikit membantu misalnya dengan memilih password yang sukar ditebak, memastikan bahwa halaman tempat kita mengisi password adalah betul-betul halaman Facebook, dsb.

Selain cara-cara "tradisional" itu, ternyata Facebook sendiri telah memberikan sebuah fitur yang dapat memberitahukan bahwa account kita diakses orang lain.
Silakan login ke Facebook, lalu klik pada Account di kanan atas >> Account Settings >> Account security -- change.
Setelah itu silakan pilih Yes dibawah "Would you like to receive notifications for logins from new devices?" dan klik Submit. Jika Anda telah mendaftarkan nomor ponsel, akan muncul juga pilihan untuk pemberitahuan melalui SMS.
Setelah itu silakan log-out lalu log-in kembali. Anda akan diminta memberi nama pada komputer (atau ponsel) yang sedang Anda gunakan itu. Setelah diisi, secara otomatis Anda akan menerima email (dan SMS) yang memberitahukan akses ini.

Seandainya ada orang yang mengakses account Anda dengan menggunakan komputer lain, ia juga akan diminta memberi nama komputer itu, dan Anda tetap akan menerima email dan SMS pemberitahuan (alamat email dan nomor ponsel penerima tidak dapat diubah sebelum komputer baru diberi nama). Karena saat itu Anda tidak merasa melakukan log-in itu, Anda akan tahu bahwa account Anda di-hack orang, dan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan seperti mengganti password dan/atau lapor kepada Facebook.

Sumber: Lifehacker: Get Notified When Someone Else Logs Into Your Facebook

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar