Sabtu, 27 Maret 2010

Dropbox


Saya sudah beberapa kali menulis tentang pentingnya backup. Dan yang tak kalah pentingnya adalah lokasi penyimpanan backup itu sendiri. Jika Anda telah melakukan backup secara rutin setiap hari, dan menyimpan dua set backup di harddisk external dan keping DVD, maka Anda sudah "terbebas" dari kemungkinan kerusakan komputer atau harddisk internal. Namun bagaimana dengan kemungkinan bencana alam atau kebakaran?
Jawabannya tentu dengan off-site backup alias menyimpan backup di tempat yang terpisah. Tak ada salahnya mengirim DVD hasil backup ke sanak-saudara diluar kota, namun di era internet sekarang ini sudah banyak solusi yang lebih mudah.



Ada banyak solusi online backup, dari yang gratis hingga yang berfitur "unlimited diskspace" (jadi berapa puluh atau ratus gigabyte data yang dibackup, Anda tetap membayar harga yang sama). Kali ini saya akan membahas yang gratisan saja. :)
Silakan klik ke Dropbox, yang menyediakan fitur online gratis sampai 2 GB. Dropbox bahkan akan menambah kuota gratisan Anda jika Anda merekomendasikannya ke beberapa orang, sampai dengan 3GB. Caranya cukup sederhana: download dan install aplikasi Dropbox, buat account dan tentukan lokasi folder "My Dropbox". Selanjutnya file apapun yang Anda letakkan dalam folder itu akan dibackup ke server Dropbox melalui internet. Otomatis.
Tak perlu bingung jika komputer Anda rusak. Anda tetap dapat mengambil/menambah file melalui web-interface alias dengan menggunakan web-browser dari komputer mana saja, asal ingat username dan password Anda.
Anda bahkan dapat menginstall Dropbox dengan username yang sama di dua komputer sehingga folder Dropbox di kedua komputer itu akan selalu berisi file-file yang sama. Jadi tak perlu pusing mengcopy file dari komputer kantor ke flashdisk lalu mengcopy lagi ke komputer rumah.

Satu lagi keunggulan Dropbox, yaitu berbagi file. Anda dapat menentukan sebuah folder agar dapat dibagi kepada semua orang atau kepada orang-orang tertentu saja. Ini sangat berguna jika Anda sering berbagi foto dengan sanak-saudara diluar kota, atau harus berbagi beberapa file tertentu dengan rekan-rekan sekantor, dimanapun mereka berada.

Aplikasi Dropbox menyatakan bahwa ia mengenkripsi data Anda sebelum dikirim melalui internet. Namun jika Anda memerlukan keamanan yang lebih, gunakan saja TrueCrypt untuk menambah level keamanan.

Dropbox sendiri tentu belum sempurna, ia masih versi 0.7, dengan kata lain masih beta version. Namun saya melihat potensi yang sangat besar pada aplikasi ini. Terutama karena ia memiliki versi berbayar dengan diskspace yang jauh lebih besar. Dengan model bisnis yang jelas seperti itu, tentu Dropbox dapat bertahan cukup lama dibanding seandainya ia hanya memiliki versi gratisan saja.

Updated: 16/08/2010
Kini Dropbox memberikan diskspace gratis tidak hanya sampai 3GB, namun hingga 8 GB. Untuk itu Anda harus merekomendasikan Dropbox pada teman-teman Anda. Setiap ada teman yang menginstall Dropbox atas rekomendasi Anda, baik Anda maupun teman Anda itu diberi tambahan diskspace 250MB gratis (diskspace awal tetap 2GB).

Updated: 15/04/2012
Baru-baru ini Dropbox melipat-duakan bonus rekomendasinya, menjadi 500MB setiap rekomendasi yang berhasil, maksimal 16GB. Rekomendasi yang sudah terinstallpun juga tetap dihitung.
(diskspace awal tetap 2GB).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar