Sabtu, 10 April 2010

Evernote, remember everything


Pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada para pembaca setia, karena akhir-akhir ini kesibukan saya seringkali menghalangi saya menulis blog sesering dulu. Semoga setelah beberapa hal yang menyibukkan berlalu, saya dapat lebih sering lagi menulis. Dan semoga juga ini tidak mengurangi minat Anda membaca "celotehan" saya.

Kali ini saya ingin mengajak Anda berkunjung ke Evernote, sebuah program untuk menggantikan notes, buku atau kertas catatan yang selalu Anda bawa-bawa dalam dompet.

Anda dapat mendownload program Evernote lalu menginstallnya pada komputer Anda, baik Windows maupun Apple. Anda lalu dapat menuliskan semua catatan Anda disana lengkap dengan gambar atau audio, dengan diberi tag atau diklasifikasikan dalam beberapa "notebook". Penggunaan tag dapat sangat mempermudah pencarian catatan dikemudian hari.

Jika Anda betul-betul tidak ingin catatan Anda dijamah orang lain, Anda dapat berhenti sampai disini dan tidak menyambungkan program Evernote Anda pada internet. Namun dengan begitu Anda akan melewatkan kekuatan Evernote yang sebenarnya.

Jika Anda mendaftar pada Evernote dan mensinkronkan catatan Anda ke server Evernote secara periodik, maka dengan begitu semua catatan Anda selalu dapat diakses dari mana saja. Seandainya Anda jauh dari komputer atau laptop pribadi Anda, Anda tinggal login ke website Evernote untuk dapat mengakses catatan Anda. Bukan saja dengan komputer lain, Evernote juga dapat diakses dengan smartphone atau bahkan ponsel mana saja yang dapat browsing internet, karena Evernote juga menyediakan mobile site.
Masih banyak fasilitas menarik lainnya dari Evernote, namun yang paling canggih lagi adalah jika Anda menyertakan foto dalam catatan Anda, maka setelah Anda mensinkronkan catatan ke Evernote, teks dalam foto itu akan dapat dikenali dan dicari (searchable), karena Evernote mempunyai fasilitas OCR (optical character recognition) di servernya.
Jadi misalnya saya memotret tenda bertuliskan "Warung Soto Pak Mul" dengan kamera ponsel dan menyertakan gambar itu dalam catatan saya, maka setelah disinkronkan, saat saya mencari kata "Soto", maka gambar itu akan muncul meskipun saya tidak menambahkan kata-kata apapun disana.

Evernote menyediakan versi berbayar dengan fasilitas lebih lengkap dan tempat penyimpanan yang lebih luas. Namun versi gratisannya saja sudah memperbolehkan Anda menuliskan 20.000 catatan, 270 web clip (potongan dari halaman website), 400 foto dari kamera ponsel dan 11 gambar resolusi tinggi. Asalkan tidak berlebihan dan rajin menghapus catatan yang sudah tidak terpakai, batasan ini masih sangat memadai.

Jika Anda seperti saya yang selalu ketinggalan catatan atau pusing mencari detail pekerjaan tiga bulan lalu, tak ada salahnya mencoba Evernote. Kini saya tidak lagi pernah ketinggalan catatan, karena dapat mengakses Evernote dari ponsel. Yang kemudian terjadi adalah kehabisan batere. :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar