Sabtu, 10 Januari 2009

Safe to remove hardware

Jika Anda sering mentransfer data dengan flashdisk, mp3 player atau external harddisk, tentu Anda tahu bahwa ada icon panah hijau dikanan bawah layar yang harus diklik sebelum mencabut flashdisk atau media lainnya tadi.
Mengapa demikian?

Agar dapat melayani pengguna dengan lebih baik, Operating System seperti Windows, Linux atau Mac OS menggunakan apa yang disebut buffer (atau disebut juga write caching) saat menyimpan data di media. Buffer adalah tempat penyimpanan data sementara sebelum data benar-benar ditulis secara permanen ke media. Misalkan Anda sedang mengkopi file dari harddisk ke flashdisk. Setelah data dibaca dari harddisk, maka data akan disimpan terlebih dahulu di buffer. Setelah buffer mulai terisi, baru dari situ ditransfer lagi ke flashdisk. Karena kecepatan menulis di buffer jauh lebih cepat ketimbang menulis di media fisik, maka data akan jauh lebih cepat selesai ditulis ke buffer.
Setelah seluruh data masuk ke buffer, OS akan menyatakan bahwa proses kopi sudah selesai, meskipun mungkin saja ada data yang masih ada di buffer yang belum selesai ditransfer ke flashdisk tujuan.
Tujuan penggunaan buffer adalah untuk membuat OS lebih "cepat tanggap" dan siap digunakan lagi oleh pengguna meskipun proses transfer data belum sepenuhnya selesai. Proses transfer yang "tertinggal" ini akan diurus oleh OS tanpa perlu campur tangan pengguna sedikitpun. Bagi kita, proses sudah selesai dan komputer siap menerima perintah selanjutnya.
Masalah akan muncul pada removable media atau media penyimpan data portabel seperti flashdisk atau external harddisk. Jika Anda mencabut removable media itu sebelum proses transfer data benar-benar selesai, bisa jadi sebagian data menjadi tidak lengkap atau rusak.
Untuk itu semua OS menyediakan fasilitas untuk memastikan semua proses transfer data sudah selesai. Pada Ubuntu Linux, Anda dapat menggunakan 'Eject Media'. Pada Windows, Anda dapat meng-klik icon "Safely remove media" di kanan bawah layar. Jika saat itu masih ada proses yang belum selesai, OS akan berusaha menyelesaikannya, namun jika tidak bisa, OS akan memberikan peringatan dan meminta Anda menunda mengambil removable media.

Jika Anda termasuk orang yang tidak sabaran untuk segera mencabut flashdisk, ada cara untuk mencegah kerusakan data, yaitu dengan "memaksa" komputer langsung menuliskan data pada media tanpa buffer.
Untuk Windows XP klik di My computer >> klik kanan di icon flashdisk >> Properties >>pilih Tab hardware >>pilih media yang Anda inginkan >>klik properties >> pilih Tab policies >> pilih Optimize for quick removal >> klik OK.
Konsekuensinya adalah proses transfer data akan terasa sedikit lebih lambat.

Terkadang juga pada Windows XP icon "Safely remove media" hilang entah kemana, padahal masih ada flashdisk yang tertancap di port USB. Untuk itu, Anda dapat mengklik Start >> Run... >> dan ketiklah:
RunDll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL hotplug.dll
lalu klik OK. Akan tampil windows seperti jika Anda meng-klik kanan icon yang hilang tadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar