Sabtu, 13 Desember 2008

Benjolan kabel

Saya sendiri pernah bertanya-tanya, untuk apa benjolan pada kabel seperti pada gambar, yang sering ada pada kabel peralatan elektronik itu? Untungnya saya lalu mengetahui fungsinya sehingga dapat menjawabnya saat ditanya oleh seorang teman.



Benjolan itu adalah sebuah inti ferit atau disebut juga "ferrite choke", yang terbuat dari oksida besi yang dicampur logam lainnya. Bentuknya seperti silinder berlubang, dan pada saat kabel diproduksi, kabel disisipkan pada lubang itu. Atau bisa juga silinder ferit terdiri dari dua bagian yang lalu ditangkupkan pada kabel. Sesudah itu ferit dibungkus plastik.

Fungsi dari ferrite choke adalah meredam interferensi elektromagnet (EMI: Electro Magnet Interference atau RFI: Radio Frequency Interference) dari dan ke peralatan elektronik yang disalurkan lewat kabel. Sebuah komputer memiliki banyak osilator (pembangkit gelombang) yang bekerja pada berbagai frekuensi dari 300MHz sampai 1000MHz. Bahkan keyboard Andapun memiliki sebuah osilator. Setiap osilator itu berpotensi memancarkan gelombang radio yang sebetulnya amat-sangat-lemah, namun dengan begitu pekanya peralatan elektronik sekarang ini, gelombang radio ini dapat saja mengganggu peralatan lainnya.
Gangguan atau interferensi ini sudah diredam oleh casing komputer atau box peralatan itu sendiri, namun masih ada jalan masuk lain berupa kabel-kabel yang terhubung ke alat itu. Untuk meredam interferensi itulah ditambahkan benjolan-benjolan ferit pada kabel.

6 komentar:

  1. thanks infonya, jadi tau nih fungsi dari pentolan tuh...

    BalasHapus
  2. kalo alat (scanner) dengan kabel demikian kemudian kita ganti dengan kabel tanpa tonjolan itu ada pengaruhnya tidak? trim's

    BalasHapus
  3. Secara fungsional tidak ada beda antara kabel dengan ferrite atau tidak. Sinyal atau daya listrik akan tetap mengalir melalui kabel sebagaimana mestinya. Yang berbeda hanyalah pengurangan interferensi.
    Jadi mengganti dengan kabel tanpa tonjolan akan tidak ada bedanya, dengan syarat lingkungan dan/atau peralatan Anda tidak membuat banyak EMI/RFI.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  4. kalau buat sendiri bisa nggak ya pak..?
    bahannya apa saja..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bisa. Silakan beli ferrite choke (beberapa toko elektronik menyediakannya), lalu pasang di kabel Anda. Besarnya ferrite choke harus disesuaikan dengan kabelnya. Pilih lokasi pemasangan yang paling banyak menekan interferensi.

      Hapus
  5. apa yang ditimbulkan jika alat elektronik kita terkena interferensi elektromagnet?

    BalasHapus