Sabtu, 06 Desember 2008

UL, CE

Sewaktu menawarkan sebuah produk hardware, seorang staff (calon) klien mencibir produk tersebut sebagai produk Cina yang bermutu rendah, karena ada label UL dan CE seperti gambar. Saya hampir tertawa, namun mencoba menjelaskan arti label tersebut, namun staff itu tetap pada pendiriannya, bahwa CE adalah singkatan China Electronics.



Label CE seperti pada gambar adalah simbol bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan untuk dijual di Uni Eropa, dan merupakan singkatan Conformité Européenne. Label ini merupakan syarat bagi sebuah produk dari kategori tertentu untuk bisa dijual disana, namun hanya perlu satu label untuk seluruh negara anggotanya.
Bukan hanya barang elektronik, alat medis, mesin, bahkan beberapa jenis makananpun ada yang harus mencantumkan label ini. Seringkali label ini tetap dicantumkan meskipun produk tersebut tidak dijual ke negara Uni Eropa, karena standar CE yang tinggi menjamin mutu barang tersebut, dan dapat menjadi nilai tambah tersendiri.

Sementara label UL seperti gambar merupakan label yang menunjukkan bahwa produk itu telah memenuhi syarat keselamatan dan keamanan dari Underwriters Laboratories (disingkat UL), sebuah organisasi independen yang telah berdiri sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. (http:/www.ul.com)

Pada akhirnya, produk yang saya tawarkan pada cerita diatas dibeli oleh klien tersebut, tanpa memperdulikan cibiran staffnya tadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar