Sabtu, 20 Desember 2008

Anti-petir untuk modem

Tanpa sebab yang jelas, komputer milik saudara sepupu saya tiba-tiba tidak dapat lagi terhubung ke internet melalui modem dial-up. Setelah diperiksa, ternyata modem tersebut rusak, dan hari sebelumnya memang hujan lebat disertai petir menyambar-nyambar. Saya menduga modem tersebut rusak terkena induksi petir.
Apa itu induksi petir? Penjelasan berikut akan lebih dekat ke dunia fisika dan elektronik daripada komputer.



Seperti halnya antena radio, semua logam akan menghasilkan (sedikit) tegangan jika terkena gelombang elektromagnet. Pada antena, tegangan ini lalu diperkuat dan disaring untuk dijadikan sinyal audio (untuk radio), video (TV) atau data (misalnya Wifi). Namun tegangan pada antena sangatlah kecil, hanya beberapa mikroVolt saja, karena berasal dari pemancar radio/TV yang sangat jauh letaknya, dan "hanya" memancarkan daya beberapa kiloWatt saja.
Hal yang berbeda akan terjadi jika ada petir menyambar didekat kabel listrik atau telepon. Petir tidak perlu sampai mengenai kabel untuk menimbulkan kerusakan. Petir merupakan loncatan elektron dari awan ke awan atau ke bumi, atau sebaliknya. Besarnya energi yang berpindah sangatlah masif, bahkan menurut Wikipedia diperkirakan energi dari satu petir saja mencapai beberapa terraWatt (1 terraWatt = 1.000.000.000.000 Watt). Saat menyambar, selain kilatan cahaya dan suara menggelegar, petir juga menghasilkan gelombang elektromagnet yang sangat besar. Jaringan kabel listrik dan telepon yang sangat panjang hingga beberapa kilometer akan bertindak sebagai antena, sehingga timbul tegangan induksi. Besarnya gelombang elektromagnet dan panjangnya kabel akan menimbulkan tegangan induksi yang mampu merusak peralatan elektronik.

Jaringan telepon (seperti Telkom) sebenarnya sudah memiliki rangkaian anti-petir, namun karena harus melindungi jaringan yang begitu luas, alat ini harus dipasang dibanyak tempat, padahal budget untuk membelinya terbatas. Juga kejadian induksi petir cukup jarang terjadi. Akibatnya alat ini biasanya hanya seadanya saja sehingga hanya mampu melindungi pesawat telepon biasa. Sementara modem terbuat dari banyak peralatan mikroelektronik yang sangat peka, dan ia juga terhubung (melalui komputer) ke jaringan listrik selain ke jaringan telepon. Tak heran modem jauh lebih sering rusak akibat induksi petir dibanding pesawat telepon biasa.

Jika Anda memiliki modem yang selalu terkoneksi ke jaringan telepon, pastikan Anda telah menambahkan perangkat anti-petir antara modem dan jaringan telepon. Lebih baik lagi jika ada "surge protector" antara komputer dan jaringan listrik. Ini bukan saja akan melindungi modem Anda, tetapi juga perangkat komputer secara keseluruhan dari bahaya induksi petir.
Ada modem dan pesawat telepon yang diklaim sudah memiliki perlindungan anti-petir didalamnya. Saya tidak tahu seberapa jauh kebenaran klaim itu (karena memang susah mengujinya, petir tidak dapat diramal kapan dan dimana akan menyambar), tetapi tentu lebih aman jika Anda masih menambahkan proteksi lagi.
Anti-petir untuk kabel telepon dapat dibeli di toko elektronik, atau sudah tersedia di beberapa tipe UPS. Bahkan Anda dapat membuat sendiri anti-petir sederhana dari beberapa resistor, sekering dan varistor. Prinsipnya adalah jika ada tegangan yang melebihi batas tertentu, rangkaian akan sementara memutus hubungan ke modem dan menyambung kabel telepon ke ground, sehingga tegangan yang berlebih itu akan terbuang dengan aman.
Ada syarat utama agar perangkat anti-petir berfungsi dengan optimal: ia harus memiliki sambungan ground yang baik, agar ia dapat menyalurkan tegangan berlebih akibat induksi di kabel telepon ke ground / tanah.

Cara lain yang jauh lebih sederhana: cabut kabel telepon dan listrik setelah tidak digunakan lagi.

3 komentar:

  1. gimana cara masang anti petir dengan resistor, sekering dan varistor di modem saya. trims

    BalasHapus
  2. Anda tidak memasang rangkaian anti-petir itu di modem, namun pada kabel telepon sebelum masuk ke modem. Untuk membuatnya, ada banyak skematik di internet, silakan bertanya pada om gugel. Tapi daripada repot, toko perlengkapan telepon biasanya menjual yang sudah jadi dengan harga tidak terlalu mahal.

    BalasHapus
  3. mau tanya gan saya pernah beli anti petir untuk modem...tapi pas di coba itu jadi tidak konek...udah saya bulak balik masangnya tetep aja tidak terkoneksi...tpi kalo di pake di telepon malah nyambung....itu kenapa ya ?

    BalasHapus