Sabtu, 18 Oktober 2008

MS Outlook bug

Bagi Anda yang menggunakan IMAP untuk mengambil email dengan Microsoft Outlook 2007, ada bug (kesalahan program) yang cukup mengganggu.
Apabila Anda menerima email spam, misalnya penawaran Viagra, penghapusan hutang kartu kredit atau semacamnya, respons paling umum adalah langsung menghapus email itu tanpa membukanya sama sekali.

Ternyata ada bug dalam MS Outlook 2007 sehingga jika email tersebut meminta "read receipt" (email balasan ke pengirim yang mengkonfirmasi bahwa email itu sudah dibaca) dan langsung dihapus tanpa dibuka, MS Outlook akan mengirim "not read receipt" ke pengirim yang mengatakan email itu sudah dihapus sebelum Anda baca. "Not read receipt" ini tetap dikirim meskipun pada setting Outlook Anda sudah mengatur agar tidak mengirim receipt apapun (!).

Biasanya spam dikirim secara massal, serampangan dan untung-untungan saja ke segala email yang mungkin. Namun dengan bug ini, hanya dengan mengirim spam yang meminta "read receipt", pengirim spam akan mendapat konfirmasi bahwa alamat email Anda memang masih valid dan ada orang yang memilikinya. Jadi alamat Anda akan menjadi sasaran empuk spam berikutnya.

Bug ini dilaporkan juga terjadi pada POP3, juga ada kasus serupa pada MS Outlook 2003. Microsoft mengakui bug ini dan "sedang memperbaikinya".

Satu lagi alasan untuk pindah ke Mozilla Thunderbird yang gruatissshh....

1 komentar:

  1. Mas, darmawan boleh tanya soal OUtlook...??
    mas, rules and alert saya tidak bisa dibuka...selalu hilang setelah diklik...
    mohon pencerahannya...??

    BalasHapus