Sabtu, 14 Juni 2008

Security scanners

Untuk komputer bersistem Windows, Anda tentu sudah mengerti besarnya ancaman virus, spyware, dan berbagai malware lainnya. Untuk mengurangi ancaman tersebut, Anda harus melakukan berbagai hal seperti melakukan Windows Update, menjalankan firewall, menginstal anti-virus, anti-spyware, meng-update anti-virus, dsb.
Dari sekian banyak langkah dan pilihan, tentu tak mudah untuk mengikuti semuanya tanpa ada yang salah atau tertinggal.



Untunglah saat ini tersedia beberapa program untuk membantu Anda mengecek seberapa amannya komputer Anda.
Secunia adalah sebuah perusahaan yang mengecek celah keamanan pada hampir semua program di dunia. Kini Secunia memberikan Secunia PSI. Anda dapat men-download program ini gratis di https://psi.secunia.com/ (488 KB) lalu menginstallnya. Program ini mengharuskan koneksi internet saat scanning, karena ia harus membandingkan versi software dalam komputer Anda dengan database yang dimilikinya. Ia akan membeberkan segala celah keamanan pada program-program yang terinstall pada komputer Anda, kelemahan apa dan apakah versi yang lebih aman sudah tersedia.

Selain itu Microsoft juga menyediakan tool yang mengecek keamanan komputer Anda, yaitu Microsoft Baseline Security Advisor. Tool ini tersedia untuk di-download secara gratis di http://technet.microsoft.com/en-us/security/cc184923.aspx . Untuk Windows XP, tool ini memerlukan framework .NET (Windows Vista sudah memiliki .NET secara default). MBSA akan mengecek semua Windows Update, firewall, dan semua celah keamanan spesifik program-program keluaran Microsoft.

Microsoft juga menyediakan Microsoft Security Assessment Tools secara gratis di http://technet.microsoft.com/en-us/security/cc185712.aspx . Tool yang juga memerlukan framework .NET ini akan memberikan serangkaian pertanyaan yang harus Anda jawab, kemudian akan memberikan rekomendasi apa yang harus Anda lakukan demi memperbaiki keamanan komputer Anda. Pertanyaannya cukup banyak, jadi bersabarlah (sekaligus melatih bahasa Inggris :-) ). Bahkan dari apa yang ditanyakan saja kita sudah diberi petunjuk apa yang seharusnya atau tidak seharusnya dilakukan.

Tak perlu berkecil hati jika ternyata Anda "tidak lulus" tes diatas. Sangatlah sukar untuk membuat sebuah sistem benar-benar aman. Saya sendiri sudah merasa sangat berhati-hati dengan keamanan komputer saya, tetapi ternyata Secunia PSI dan MBSA masih menemukan banyak kelemahan.
Yang dapat selalu kita lakukan tentu melakukan yang terbaik yang kita mampu.

Daftar Pustaka:
Security Now! podcast 145 & 147 (http://grc.com/securitynow) by Leo Laporte and Steve Gibson.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar