Sabtu, 27 Agustus 2011

Browser Shortcut

Pertama-tama, mumpung saatnya tepat, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi Anda yang merayakannya, Minal 'Aidin wal-Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Seperti diceritakan oleh Dan Russel, antropologis di Google, saya juga sering duduk dengan tidak sabar sementara seseorang mencari sebuah kata dalam website yang sedang ditampilkan komputernya, baris demi baris. Kami menjadi tidak sabar karena tahu dengan menekan beberapa tombol browser shortcut saja kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu memelototi layar komputer. Tapi ternyata memang tidak semua orang tahu "jalan pintas" ini.

Browser shortcut adalah kombinasi tombol keyboard yang akan membuat browser internet Anda melakukan perintah tertentu. Sebetulnya memang perintah-perintah itu ada dalam menu, tapi Anda harus mencarinya terlebih dahulu diantara puluhan perintah lainnya. Berikut adalah beberapa contohnya:

Ctrl F
Untuk situasi seperti diceritakan diatas, saya biasanya menganjurkan orang itu untuk menekan Ctrl F (find). Dengan menekan tombol "Ctrl" dan "F" bersamaan, akan muncul sebuah kotak isian kecil (dibagian bawah untuk Firefox dan dikanan atas untuk Chrome). Isikan kata yang Anda cari dan klik tombol panah atau "Next". Anda akan dibawa langsung ke bagian website yang mengandung kata itu. Klik tombol panah lagi untuk menuju kata berikutnya.
Saat sudah selesai, silakan klik tanda silang untuk menghilangkan kotak isian ini.
Tombol "F3" juga identik dengan Ctrl F.

Ctrl X, Ctrl C, Ctrl V
Saat ingin mengcopy-paste sebagian text dari website silakan blok text yang dikehendaki (klik dibagian awalnya tanpa melepas tombol mouse, tarik sampai bagian akhir, lalu lepaskan tombol mouse. Text yang diblok akan berwarna berbeda) lalu tekan Ctrl C (copy). Setelah itu silakan buka atau pindah ke program word processor (MS-Word, NotePad, OpenOffice atau lainnya), buka dokumen baru dan tekan Ctrl V (paste).
Crtl X adalah shortcut untuk perintah CUT, dimana text atau bagian yang diblok akan dipotong untuk nanti dikeluarkan lagi saat Anda memberi perintah PASTE (Ctrl V).
Untuk browser, Ctrl X hanya berlaku saat mengisi formulir.
(Perhatikan bahwa tombol X,C, dan V terletak berurutan pada keyboard QWERTY).

Ctrl A
Jika Anda hendak memblok seluruh isi website, tekan Ctrl A (all), dan seluruh halaman akan diblok, siap dicopy-paste.

Ctrl R
Saat koneksi internet Anda kurang sempurna, kadang halaman web tidak tampil sepenuhnya. Untuk mengulang loading website, tekan saja Ctrl R (reload).
Tombol "F5" juga identik dengan Ctrl R.

Alt ←
Untuk kembali ke halaman sebelum ini, alih-alih mengklik tombol panah ke kiri, tekan saja Al← (back).

Alt →
Setelah memberi perintah BACK, untuk kembali ke halaman sesudahnya alih-alih mengklik tombol panah ke kanan, tekan saja Alt → (forward).

Ctrl S
Anda ingin menyimpan halaman website yang sedang ditampilkan? Tekan tombol Ctrl S (save), pilih folder tempat menyimpan dan beri nama. Klik Save, dan selesai.

Ctrl +, Ctrl -,Ctrl 0
Huruf dalam website terlalu kecil untuk dibaca? Tekan Ctrl + (zoom in).
Terlalu besar? Tekan Ctrl - (zoom out).
Untuk mengembalikan besar huruf ke standar, tekan Ctrl 0 (zoom reset).

Ctrl Z
Anda tidak sengaja memberi perintah yang salah? Tanpa perlu mencari-cari tombol atau perintah UNDO di menu, silakan tekan tombol Ctrl Z (undo) untuk membatalkan perintah terakhir.
Yang menarik, hampir semua program browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Apple Safari, dll) memiliki shortcut yang sama. Bahkan sebagian besar program populer juga. Ini tentu kabar baik bagi pengguna awam, karena tidak perlu menghapalkan shortcut yang berbeda-beda untuk setiap program.

Untuk daftar shortcut selengkapnya silakan buka daftar dari Firefox ini.


Firefox Help: Keyboard Shortcut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar