Sabtu, 27 November 2010

Free Wifi! Tapi kok gak konek???

Seorang rekan keheranan karena saat di hotspot langganannya sering ada wifi lain yang bernama "Free Public Wifi", 'linksys", "default" atau "xxxx Hotspot Free" (nama ISP saya samarkan), namun tak pernah bisa digunakan untuk koneksi ke internet meski sinyalnya kuat.
Penasaran dengan Wifi misterius itu, saya menemaninya ke hotspot itu, dan begitu melihat pilihan koneksi wireless yang tersedia dilaptopnya, saya segera mengerti duduk permasalahannya.
Perhatikan icon / gambar disamping "Free Public Wifi" pada gambar diatas. Gambar itu melambangkan koneksi computer to computer, berbeda dengan gambar dua koneksi diatasnya yang melambangkan access point (atau ada juga yang menyebutnya "infrastructure") yang merupakan hotspot sebenarnya.
Jadi Free Public Wifi ini sebetulnya bukan hotspot, namun komputer/laptop lain yang "membuka diri" untuk dihubungi. Jelas saja kita tidak dapat berselancar ke dunia maya disini karena komputer/laptop itu sendiri juga tidak terhubung ke internet.
Free Public Wifi "palsu" seperti ini sering muncul karena ada bug/kesalahan dalam Windows XP versi sebelum Service Pack 3. Saat sebuah komputer/laptop tidak dapat menghubungi semua koneksi dalam daftar koneksi favoritnya, ia akan masuk ke mode network "ad-hoc" atau koneksi computer to computer dengan nama wifi terakhir yang dihubunginya. Koneksi ini akan dapat dilihat oleh semua komputer/laptop disekitarnya, yang kemudian menimbulkan kebingungan seperti dialami rekan saya diatas.
Jika ada orang yang tertarik dan berupaya menghubungi "Wifi palsu" ini, komputernya akan mengingat nama tersebut dan dilain kesempatan akan menjadi Wifi palsu itu sendiri.
Meski begitu mudah "menular", bug ini sendiri tidaklah berbahaya meski agak menjengkelkan bagi yang tidak tahu permasalahannya. Namun sebaiknya Anda tetap menghindari koneksi seperti ini karena hal ini dapat saja dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab untuk mengakses isi komputer Anda. Microsoft sendiri telah memperbaiki bug ini dengan Service Pack 3.

2 komentar:

  1. ya gan....laptop ane jg begitu....g bisa di hilangin ya?

    mampir jg ke blog saya dan jd followers ya gan....terima kasih

    BalasHapus
  2. @William:
    Sebetulnya bisa dihilangkan, tapi susahnya hotspot "palsu" itu ada di komputer orang lain, bukan di komputer kita sendiri. Terlebih lagi kalau di tempat umum kita juga tidak tahu pasti komputer siapa yang menjadi "biang kerok"nya...

    MD

    BalasHapus