Sabtu, 28 Agustus 2010

Picasa Face Movie

Pernahkah Anda melihat video yang terdiri dari sekumpulan foto dari satu orang, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa, seolah menggambarkan perjalanan hidup orang itu? Lalu apakah Anda pernah ingin membuatnya untuk Anda sendiri atau untuk orang yang Anda sayangi, namun akhirnya batal karena terlalu sukar?

Kini untuk membuat video dari sekumpulan foto wajah (face movie) Anda tak perlu lagi bersusah payah dengan program video editor atau membayar mahal.

Google melalui program Picasa 3.8 telah memberikan fasilitas pembuatan face-movie, gratisss!
Pertama-tama, jika Anda belum punya, silakan download dan install Picasa terbaru dari website Picasa. Pastikan versinya 3.8 keatas.
Lalu masukkan foto-foto (dan video, jika ada) yang Anda inginkan ke Picasa. Anda dapat melakukan drag-and-drop dari folder lain ke jendela Picasa.
Setelah itu pilih Create >> Movie >> From Faces in selection... dan tentukan beberapa hal seperti background music, transition, dsb. lalu klik "Create Movie".
Selesai.

Picasa akan segera membuat video dari foto-foto yang Anda tentukan, dengan wajah orang didalamnya selalu berada pada posisi yang sama, sehingga seolah kita mengikuti perjalanan hidup orang dalam foto itu. (Catatan, jika foto/video yang Anda ikutkan cukup banyak sementara komputer Anda lambat, mohon bersabar sementara komputer Anda bekerja keras).
Jika kita sudah punya account ke Youtube, ada tombol untuk segera meng-upload video hasilnya ke Youtube dalam satu kali klik.

Berikut video contoh dari Picasa Face Movie dari Youtube:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar