Sabtu, 14 Agustus 2010

File Blender

Dalam beberapa tahun ini, internet bagai membuka jendela baru bagi banyak orang. Ribuan bahkan jutaan orang dengan minat yang sama dapat saling berbagi informasi, gambar, audio bahkan video dari segala penjuru dunia.
Yang sering menjadi masalah adalah kita tidak memiliki program player / viewer yang tepat untuk file gambar, audio atau video yang kita terima. Misalnya kita menerima file audio dalam format .ogg, padahal kita menggunakan iTunes/iPod. Atau Anda ingin agar video .flv dari Youtube bisa diputar pada ponsel yang hanya mendukung .mp4, dsb.



Program converter (program untuk mengubah format file) saat ini banyak tersedia, namun kebanyakan berbayar dan Anda akan memerlukan satu program khusus converter video, satu lagi converter audio, satu converter gambar, dst. Program-program ini juga kebanyakan memerlukan setidaknya sedikit pengetahuan tentang format asal dan tujuan konversi, yang bisa jadi membingungkan pengguna awam.

Jika Anda memerlukan program converter yang cukup lengkap dan mudah digunakan, silakan download File Blender dari Sector Seven, sebuah program converter freeware yang sangat mudah digunakan (sebetulnya ia termasuk donationware, alias gratis digunakan, tapi Anda diharapkan menyumbang jika puas menggunakannya).
Ia memanfaatkan plugin open-source maupun freeware seperti IrfanView, LameMP3, dsb untuk mengkonversi dokumen PDF, file audio, video dan gambar dari berbagai format ke banyak format lainnya. Anda bahkan dapat memanfaatkannya untuk mengubah ukuran file gambar dan menggabungkan atau memotong dokumen PDF.
(Anda dapat menggunakan program ini untuk membuat icon untuk tips saya sebelum ini).
Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal memilih file atau menariknya (drag and drop) ke program File Blender, lalu memilih apa yang hendak Anda lakukan.
Untuk keterangan lengkap apa saja yang mampu dilakukan File Blender, silakan klik disini.
Anda dapat men-download File Blender lengkap dengan semua plugin atau hanya program utamanya saja, lalu menambahkan sendiri plugin yang Anda perlukan.
Khusus bagi web developer, File Blender juga dapat meng-obfuscate file CSS dan Javascript sehingga sukar dibaca orang lain, namun tetap dapat dibaca oleh komputer. Dengan demikian hasil karya Anda sukar ditiru orang lain (Catatan: sukar dibaca bukan berarti tidak mungkin dibaca).

Saat ini File Blender masih versi 0.22 alias early-beta, dengan kata lain belum dianggap cukup matang untuk di-release. Namun berbagai tempat download software telah turut memasukkan File Blender dalam koleksinya, seperti BrotherSoft, Softpedia, GearDownload, dsb.
Saya sendiri sudah sering menggunakan program ini untuk mengkonversi file .ogg ke .mp3 agar dapat diputar pada ponsel. Karena sangat sederhana, program ini tentu tidak cocok bagi Anda yang memerlukan converter yang dapat diatur dengan lebih mendetail. Untuk itu gunakanlah converter yang lebih profesional dengan banyak pilihan/option.
Namun untuk pengguna awam yang tak mau pusing-pusing, File Blender merupakan pilihan yang tepat.

Referensi: Lifehacker

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar