Sabtu, 23 Mei 2009

Kuliah di internet

Pernahkah Anda bercita-cita kuliah di Harvard atau MIT namun terkendala oleh biaya? Atau mungkin Anda tidak dapat meninggalkan keluarga dan/atau pekerjaan?
Tak perlu gundah, karena kini Anda dapat kuliah di berbagai universitas top dunia dari rumah atau kantor, dan GRATIS!



Baiklah, memang tidak betul-betul kuliah, tapi kini Anda dapat men-download video kuliah dari berbagai universitas pilihan dengan bermacam mata kuliah yang Anda inginkan. Dan selain biaya koneksi internet, Anda tak perlu merogoh kocek lagi.
Silakan kunjungi YouTube Edu, Academic Earth dan TED.com. Disana Anda dapat memilih berbagai mata kuliah, mulai dari Art, Ancient Greek, Robotic, Advanced Mathematics sampai Quantum Physic, dari berbagai universitas terkemuka kelas dunia seperti Yale, Stanford, Harvard, MIT, Culinary Institute of America, Berklee College of Music, dll. Sebagian besar masih universitas di Amerika Serikat, namun universitas dinegara lain juga sudah mulai mengikuti trend ini.
Selain itu beberapa universitas juga memiliki media distribusinya sendiri, seperti Open CourseWare dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), atau OpenLearn dimana Anda dapat memperoleh berbagai materi kuliah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bukankah dengan membuka akses ke video kuliahnya, orang tidak perlu lagi hadir diruang kuliah, dan akan mengurangi jumlah orang yang mendaftar kuliah disana? Untuk apa pihak universitas memperbolehkan semua orang men-download video kuliahnya? Apalagi memproduksi video seperti itu, berbeda jauh dengan video dangdut di Youtube, sama sekali tidak murah. Satu seri video kuliah bisa menghabiskan sampai lebih dari USD 20.000 (ya, duapuluh ribu dolar, sekitar 200 juta rupiah) diluar biaya rutin lainnya.
Selain bertujuan mulia untuk menghilangkan kesenjangan ilmu didunia dan merangsang inovasi, ternyata para pengelola universitas berkeyakinan bahwa justru dengan menyebar-luaskan ilmu pengetahuan, orang akan tertarik untuk lebih mendalaminya. Dan pendalaman itu (dan gelarnya jika lulus) hanya dapat diperoleh dengan mengikuti kuliah sebenarnya. Sampai saat ini internet masih belum dapat menggantikan bimbingan langsung dosen, praktikum di lab, buku-buku di perpustakaan, dsb.
Belum lagi tidak semua mata kuliah tersedia videonya, atau hanya tersedia video yang sudah lama. Namun kedua hal itu bukan disebabkan keengganan universitas berbagi ilmu, namun lebih disebabkan karena saking banyaknya materi yang harus diproses sehingga membutuhkan banyak waktu.

Perlu diingat bahwa karena panjang dan berkualitas cukup baik, file video kuliah-kuliah itu cukup besar. Anda akan memerlukan koneksi internet yang cukup cepat, ekonomis dan memiliki kuota yang cukup. Satu seri kuliah Classical Mechanics dari MIT terdiri dari 36 episode, masing masing episode besar filenya sekitar 100 - 150MB. Itu baru satu mata kuliah.

Sebagai appetizer, silakan intip kuliah berikut ini, yang merupakan kuliah favorit versi majalah Time edisi 27 April 2009:
Physics: Classical Mechanics by Walter Lewin, MIT (ini favorit saya, lihat promonya disini)
English: The American Novel since 1945 by Amy Hungerford, Yale University
History: Geography of U.S. Election by Martin Lewis, Stanford University
Statistics: Debunking Third-World Myths by Hans Rosling, Gapminder Foundation
Anatomy: Integrative Biology by Marian Diamond, University of California, Berkeley

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar