Sabtu, 11 April 2009

Apakah menambah RAM (memory) membuat komputer bisa berjalan lebih cepat?

Saya sering mendapat pertanyaan seperti judul artikel ini, dan saya mempunyai dua versi jawaban, jawaban teknis dan jawaban mudah.



Pertama-tama, perlu diketahui bahwa seluruh perintah dan data yang dijalankan oleh processor atau otak dari komputer selalu berasal dari RAM/memori, dan bukan dari harddisk. Saat Anda menjalankan program, misalkan Word atau Excel, maka komputer akan membaca file executable (.exe) program tersebut dari harddisk dan menaruhnya di memori. Selain itu biasanya juga ada beberapa file library (.dll) dan data atau file hasil ketikan Anda. Baru setelah itu processor akan memproses program dan perintah Anda satu-persatu.
Total file yang harus dimuat ke memori berkisar dari beberapa MegaByte hingga beberapa GigaByte, tergantung jenis program, besarnya data dan banyaknya program yang dijalankan bersamaan.

Lalu bagaimana jika komputer memerlukan sampai 1 GB padahal memori yang terpasang hanya seperempatnya? Jika kebutuhan memori melebihi kapasitas terpasang, maka sistem akan membuat apa yang disebut virtual memory (kadang disebut juga page-file atau swap-file), yaitu sebuah file di harddisk yang dianggap sebagai memori. Virtual Memory sangat berguna untuk mengatasi keterbatasan hardware, namun juga memiliki kekurangan. Kecepatan akses harddisk jauh lebih lambat dibanding RAM/memori. Akibatnya saat perlu mengakses virtual memory, kecepatan sistem menjadi turun drastis.
Jika sistem Anda banyak menggunakan virtual memory, maka penambahan kapasitas RAM akan sangat membantu mempercepat sistem. Program akan dapat berjalan 10 hingga 50 kali lebih cepat. Namun jika virtual memory tidak banyak digunakan, penambahan RAM juga tidak terlalu memperlihatkan hasil.

Saat ditanya oleh teman yang tidak begitu paham komputer, saya selalu menganalogikan komputer sebagai seseorang yang sedang bekerja dimeja tulis. Orang tersebut adalah processor komputer, sementara lemari arsip dibelakangnya adalah harddisk. RAM/memori adalah meja tulis orang itu.
Saat hendak mulai bekerja, orang tersebut akan mengambil arsip dari lemari dan menaruhnya dimeja sebelum mulai bekerja.
Jika meja tulisnya sempit sementara kerjanya memerlukan banyak arsip, maka orang itu akan bolak-balik mengambil/menyimpan arsip dari/ke lemari, akibatnya pekerjaannya menjadi lambat akibat proses ambil/simpan arsip.
Jika mejanya diganti dengan yang lebih luas, maka ia dapat menaruh arsip yang masih dipakai dimejanya untuk nanti dipakai lagi, tanpa perlu menyimpannya dilemari terlebih dahulu. Dengan demikian ia dapat bekerja lebih cepat.
Namun jika mejanya diperluas lagi, sementara arsip yang diletakkan dimeja tidak terlalu banyak, maka penambahan luas meja itu tidak akan menambah kecepatan kerja orang tersebut.

20 komentar:

  1. Jadi kalo saya ingin menambah kecepatan komputer, langkah2 apa saja yg mesti saya lakukan??thx atas tipsnya

    BalasHapus
  2. Ganti komputernya....
    Just kidding. :)

    Meng-upgrage processor tentu akan menambah kecepatan proses, namun harus yang memiliki soket sama dan didukung oleh mainboard Anda. Harganya juga relatif lebih mahal.
    Menambah/mengganti RAM biasanya menjadi langkah yang cukup ekonomis karena harga RAM sekarang terus menurun. Namun seperti yang saya tulis diatas, hanya efektif jika Anda sering bekerja dengan aplikasi yang membutuhkan banyak memori.

    Atau jika Anda suka kutak-katik komputer sendiri, silakan google "Overclock".

    BalasHapus
  3. sebelum ganti ram , permainan game di facebook terasa tidak lemot saat saya sudah ganti ram , apakah ada pengaruhnya ? thx

    BalasHapus
  4. >sebelum ganti ram , permainan game di facebook
    >terasa tidak lemot saat saya sudah ganti ram ,
    >apakah ada pengaruhnya ? thx

    @Ijong, ente nanya apaan sih??????????????
    Bung Max, komputer maksimal bisa dipasang RAM berapa besar?

    BalasHapus
  5. @Ijong: mohon ulangi pertanyaan Anda.

    @Vina: besarnya RAM maksimal yang dapat dipasang pada komputer tergantung pada kemampuan mainboard (batas maksimal dan jumlah slot yang tersedia) dan OS (32bit atau 64bit). Dan tentu saja ada faktor non-teknis seperti ketersediaan barang di pasaran serta harga.

    BalasHapus
  6. grafik game di facebook lebih lambat setelah ada penambahan ram . (spec ram ddr2 5300 ,dan itu udah dicocokan dengan spec ram sebelumnya ) .ngaruh gak sih om ram sama game facebook ? atau ada masalah lain ?

    BalasHapus
  7. @Anonim: Kebanyakan game di Facebook berupa aplikasi Flash, yang dimuat ke RAM untuk dijalankan. Saat loading, kecepatan internet sangat berpengaruh, namun setelah itu kecepatan/ukuran RAM lebih dominan dalam kecepatan aplikasi. Secara umum, seharusnya penambahan ukuran RAM (sampai batas tertentu) akan menambah kecepatan game FB.

    Jika aplikasi menjadi lebih lambat setelah RAM ditambah, rasanya ada masalah lain yang membuat aplikasi tidak dapat berjalan dengan seharusnya.

    BalasHapus
  8. waktu saya main game di facebook game cartown bersama teman saya jadi saya harus buka fb menggunakan 2 browser, karena levelnya sudah lumayan tinggi jadi terasa lambat tidak seperti di awal permainan, dan setelah saya cek di task manager ternyata kapasitas memory yang saya gunakan sebanyak 3.8gb sedangkan memory saya kapasitasnya 4gb. nah lambatnya ini apa dikarenakan memorynya pas-pasan? apakah saya harus menambah kapasitas memory? saya menggunakan OS WINDOWS 7 64BIT.

    BalasHapus
  9. @pakah penggantia/memperbesar Hardisck di wajibkan menambah RAM?..

    BalasHapus
  10. @Anonim:
    Sepertinya ada aplikasi lain yang menghabiskan memori selain browser.

    @Abhenk 17:
    Fungsi harddisk adalah menyimpan data secara permanen. Sedangkan RAM untuk tempat menyimpan data untuk sementara sebelum diproses oleh processor.
    Jadi menambah/mengganti/memperbesar harddisk TIDAK HARUS menambah RAM.

    BalasHapus
  11. apakah mother board merek via type PX400-8235 suport procesor dual core

    BalasHapus
  12. @Bang Hidayat:
    Sepertinya bisa namun Anda harus mencari proc dual core yang socket 478.
    Untuk lebih jelasnya silakan cari spec mb tsb di website VIA (http://www.via.com.tw) atau tanya pada mbah Gugel (http://lmgtfy.com/?q=via+PX400-8235+spec).

    BalasHapus
  13. apakah virtual memory berguna ?
    kalo yg saya tau hardisk kita lebih lambat dari pada memory kita.
    jadi kalo kita menggunakan hardisk kita sama aja lambat dong computer kita atau malah nanti makin lambat gara-gara hardisk harus mengesave dan mengload data yg sedang kita pakai.

    BalasHapus
  14. @Anonim:
    Anda benar, memang VM jauuuuh lebih lambat ketimbang RAM karena sebab yang Anda sebutkan, sehingga jika kondisinya demikian, menambah kapasitas RAM akan sangat mempercepat kinerja komputer.

    Tentu saja VM berguna, karena tanpanya, OS tidak dapat berjalan dengan normal. (Sama saja seorang murid sekolah yang harus mengikuti UAS dengan hanya diberi alas menulis sebesar daun kelor sementara harus bekerja dengan pensil yang runcing. Bolong deh...)

    BalasHapus
  15. makasih mas, dari dulu saya mikir gmana ish hubungan ram, processor, sama harddisk. analogi mas max sangat2 membantu :)

    BalasHapus
  16. mas mau tanya berapa sih maksimal kapasitas RAM di komputer ?

    BalasHapus
  17. kalau upgrade ram kecepatan ramnya harus sama pa g ?

    BalasHapus
  18. mas, kalau type mobo P4M900T-M2 SUPPORT RAM SAMPAI 4 GB?

    BalasHapus
  19. mana yang lebih menguntungka terlebih dahulu,, menggunaakan mengganti prosesor yang lebih besar fsb nya apa menambah ram terlebih dahulu

    BalasHapus